Cek NISN Siswa dengan Cara yang Mudah dan Praktis, melalui Situs Web maupun Aplikasi

Daftar Isi

Nyero.ID - NISN merupakan akronim dari Nomor Induk Siswa Nasional yang terdiri dari deretan angka unik tertentu, dengan jumlah 10 angka. NISN diberikan kepada seluruh siswa yang terdaftar sebagai peserta didik dari jenjang SD, SMP hingga SMA. Untuk melakukan cek NISN siswa sendiri sebenarnya bisa dilihat melalui rapor, daftar presensi atau pada kartu ujian. 

NISN berguna sebagai kode identitas siswa yang bersifat standar dan berlaku sepanjang masa. NISN yang dimiliki oleh peserta didik bisa membedakan siswa satu dengan yang lain di seluruh sekolah Indonesia. Baik sekolah yang ada di Indonesia maupun sekolah Indonesia yang ada di luar negeri. 

Sebagai identitas siswa, NISN diberikan kepeda peserta didik mulai dari tingkat SD, dimana pengajuannya bisa dilakukan melalui http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/. Demikian juga bagi siswa di tingkat atasnya yang belum memiliki NISN maka bisa melakukan pengajuan. Data NISN kemudian akan disinkronkan dengan aplikasi Dapodik (Data Pokok Pendidikan)

Deretan angka unik pada NISN biasanya diawali dengan tahun kelahiran siswa yang ditampilkan pada tiga angka pertamanya.  Seperti misalnya siswa dengan tahun kelahiran 2003 maka tiga angka di awal NISN adalah 003, dan angka selanjutnya merupakan kode unik.

Cek NISN Siswa dengan Cara yang Mudah dan Praktis

NISN diberikan kepada setiap siswa yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) dan telah terdaftar di Referensi Kemendikbud.  Pengelolaan NISN dilakukan secara nasional oleh PDSPK (Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kemedikbud. 

Hasil proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK Kemendikbud selanjutnya bisa diakses melalui situs NISN dengan alamat http://nisn.data.kemdikbud.go.id.  Situs ini bertujuan untuk membantu mengidentifikasi siswa di seluruh sekolah di Indonesia secara standar dan sistematis.  Situs ini juga berfungsi sebagai pusat layanan sistem pengelolaan NISN secara online yang bersifat standar, konsisten, terpadu dan akuntabel dengan berbasis pada Teknologi Infromasi dan Komunikasi saat ini.

Pengelolaan NISN untuk peserta didik juga penting untuk mendukung sistem perencanaan dan program pendidikan, statistik pendidikan dan program-progam lainnya.  Baik di tingkat nasional, provinsi, kota, kabupaten hingga sekolah.  Seperti halnya yang berkaitan dengan Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Program Indonesia Pintar (PIP), penyelenggaraan Ujian Nasional hingga Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Cek NISN siswa lazim dilakukan oleh pihak sekolah yang menerima siswa baru sebagai metode untuk mengetahui kevalidan data siswa.  Pengecekan NISN juga dilakukan sebagai persiapan untuk melaksanakan ujian sekolah maupun ujian nasional.

Sementara dari pihak siswa maupun orang tua, cek NISN siswa biasanya dilakukan untuk keperluan pengisian data, seperti ketika akan  mendaftar ke jenjang sekolah yang lebih tinggi atau pindah sekolah.  Dimana data siswa termasuk NISN menjadi salah satu identitas yang wajib diisi ketika pindah sekolah atau mendaftar sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. 

Mengingat pentingnya data NISN bagi peserta didik maka sudah sewajarnya jika para siswa mengetahui NISN-nya masing-masing.  Nah, untuk mengetahui data  NISN secara mudah, berikut ini adalah cara cek NISN siswa yang kami rekomendasikan.

Cara Cek NISN Siswa melalui Situs Web Kemendikbud dan Dapodik

Langkah pertama untuk mengecek data NISN bisa dilakukan dengan cara membuka situs http://nisn.data.kemdikbud.go.id

Situs ini merupakan hasil kerjasama antara  Kemendikbud dengan Dapodik yang bertujuan untuk mengelola data siswa dan sekolah secara sistematis dan konsisten.  Untuk cek NISN siswa online pada jenjang SD, SMP maupun SMA bisa dilakukan berdasarkan nama.  Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka situs Kemendikbud pada url berikut: https://nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/formcaribynama (Situs web tersebut bisa diakses melalui browser di perangkat laptop maupun smartphone)
  • Selanjutnya silahkan klik tab Pencarian Berdasarkan Nama
  • Input data lengkap mulai dari Nama Siswa (nama lengkap), Tempat tanggal lahir (DD-MM-YY) dan Nama Ibu.
  • Masukkan kode captcha seperti yang tertera dan pastikan data sudah terisi lengkap
  • Jika sudah silahkan klik tombol Cari Data yang terletak pada bagian bawah formulir
  • Jika data yang diisi pada formulir sudah lengkap dan benar maka akan dialihkan ke laman hasil pencarian berdasarkan Nama Siswa.  Beberapa data yang muncul pada laman diantaranya adalah keterangan NISN, Nama siswa, Jenis Kelamin, dan Tempat tanggal lahir.
  • Adapun untuk verifikasi dan validasi NISN peserta didik yang sudah lulus tingkat SMA maka bisa diakses melalui situs pd.data.kemdibud.go.id yang ada di situs resmi Kemdikbud pada link yang telah disebutkan di atas.

Cara Cek NISN melalui Aplikasi di Google Play

Cara cek NISN ini bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi Data NISN di Google Play Store.  Setelah selesai didownload, aplikasi pencarian data NISN bisa langsung diakses dengan mudah.   Selanjutnya pilih opsi Cari NISN dan masukkan data identitas yang diminta pada kolom yang tersedia. 

Aplikasi cek NISN siswa ini bisa bookmark data NISN sehingga meski tidak ada koneksi internet tetap bisa melakukan pengecekan NISN.  Dengan keunggulan ini maka akses untuk cek NISN siswa menjadi lebih mudah dan praktis.

Beberapa kendala seringkali ditemukan saat mengakses cek NISN secara online

Ketika melakukan cek NISN sering muncul beberapa kendala, dan hal ini tentu saja bisa menimbulkan kepanikan ketika melakukan registrasi pendaftaran sekolah.  Seperti misalnya data NISN yang ditampilkan lebih dari satu atau ganda.  Hal ini bisa saja terjadi jika pihak sekolah mengajukan NISN baru kepada Dapodik sementara siswa sudah memiliki NISN dari sekolah sebelumnya. 

Untuk mengatasinya, Dapodik akan memberikan dua opsi yang bisa dipilih sebagai solusi untuk permasalahan tersebut.  Yang pertama adalah memilih NISN yang sudah divalidasi atau sudah digunakan pada pendidikan terakhir siswa sebelumnya.  Sedangkan solusi yang kedua adalah dengan memilih angka NISN yang jumlahnya paling sedikit.

Kendala lain yang bisa muncul saat melakukan cek NISN siswa adalah kesulitan mengakses laman Kemdikbud.  Sebagai alternatifnya maka bisa mencoba aplikasi NISN untuk Android.  Jika hal ini pun masih tidak bisa maka sebaiknya menunggu untuk beberapa saat karena ada kemungkinan server sedang  down akibat diakses oleh banyak orang.  Bisa juga dengan mengakses situs tersebut pada jam-jam yang tidak sibuk.

Permasalahan lainnya yang muncul adalah NISN tidak muncul meskipun data yang diberikan sudah lengkap dan benar.  Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti proses input data sedang dan masih berlangsung, belum adanya pengajuan data siswa dari sekolah, serta kesalahan input data yang membuat data asli dengan data web tidak cocok.

Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut, ada beberapa opsi yang bisa dilakukan.  Yaitu mengkonsultasikan ke sekolah untuk memastikan bahwa data siswa sudah diajukan ke pihak terkait.  Opsi lainnya adalah dengan mengecek NISN siswa di Sekolah Dasar mengingat NISN siswa berlaku sejak SD dan akan tetap sama sampai SMA.  Jika kedua opsi tersebut tidak berhasil maka opsi lain yang bisa dilakukan adalah menghubungi call  center Kemdikbud untuk mencari tahu perihal NISN yang tidak ditemukan di web.

Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."