Blogger Jateng

Modul Ajar Bahasa Inggris Fase B Kelas 3 - 4 SD Kurikulum Merdeka

Nyero.ID - Modul Ajar Bahasa Inggris Fase B Kelas 3 - 4 SD adalah suatu panduan pembelajaran yang dirancang secara khusus untuk memperkenalkan dasar-dasar bahasa Inggris kepada anak-anak usia dini. 

Kurikulum Merdeka menekankan pada pembelajaran berbasis aktivitas. Modul ini memasukkan berbagai aktivitas yang melibatkan siswa secara langsung, seperti permainan kata, peran-peran kecil, dan simulasi situasi komunikatif. 

Modul ini tidak hanya fokus pada keterampilan membaca dan menulis, tetapi juga mendengarkan dan berbicara. Melalui dialog, cerita pendek, dan rekaman audio, siswa diajak untuk memahami dan menggunakan bahasa Inggris secara kontekstual.

Dalam semangat Kurikulum Merdeka yang mendorong pemahaman budaya global, modul ini mengenalkan siswa pada kebiasaan, tradisi, dan cerita dari berbagai negara berbahasa Inggris. Hal ini membantu siswa mengembangkan pemahaman tentang keanekaragaman budaya. 

Modul Ajar Bahasa Inggris Fase B Kelas 3 - 4 SD Kurikulum Merdeka

Modul ini menciptakan situasi di mana siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan Bahasa Inggris mereka dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, melalui permainan peran atau proyek sederhana yang melibatkan interaksi dengan teman sekelas.

Melalui modul ini, siswa diharapkan tidak hanya memahami struktur dan kosakata bahasa Inggris tetapi juga dapat mengaplikasikan kemampuan berbahasa mereka dengan percaya diri dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari. 

Mengenal Lebih Jauh Modul Ajar dalam Konteks Kurikulum Merdeka

Modul ajar, sebagai instrumen penting dalam kurikulum merdeka, berfungsi serupa dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), namun dengan sejumlah penyesuaian yang memadukan kebutuhan lingkungan sekolah dan karakteristik siswa. Merancang modul ajar melibatkan pendekatan berurutan dan sistematis, disesuaikan dengan tahap perkembangan peserta didik.

Pentingnya Modul Ajar dalam Kurikulum Merdeka

Dalam konteks kurikulum merdeka, modul ajar menjadi perangkat pembelajaran yang dirancang oleh guru untuk merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran. Penyusunan modul ajar ini mengacu pada capaian pembelajaran dalam setiap fase atau tahap perkembangan peserta didik, membantu guru melaksanakan kegiatan pembelajaran secara optimal.

Komponen Penting dalam Modul Ajar

Pembuatan modul ajar membutuhkan perhatian terhadap beberapa komponen penting. Komponen-komponen ini dapat disesuaikan oleh pendidik sesuai dengan kebutuhan kontekstual. Berikut adalah beberapa komponen kunci dalam modul ajar kurikulum merdeka:

Identitas Modul

Identitas modul mencakup informasi tentang penyusun modul, tahun penyusunan, institusi, jenjang sekolah, tingkat kelas, dan alokasi waktu pembelajaran. Informasi ini memberikan pemahaman tentang kepemilikan modul serta tujuan penggunaannya.

Kompetensi Awal

Modul ajar mencakup informasi mengenai kompetensi awal siswa, baik pengetahuan maupun keterampilan, sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran. Asesmen diagnostik digunakan untuk menilai kemampuan awal siswa, memfasilitasi pembagian kelompok belajar sesuai dengan kebutuhan, dan mengukur kemajuan siswa.

Profil Pelajar Pancasila

Sejalan dengan kurikulum merdeka, modul ajar mencapai tujuan akhir berupa Profil Pelajar Pancasila. Hal ini terkait dengan pembentukan karakter siswa melalui konten dan kegiatan pembelajaran proyek.

Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana merujuk pada alat dan materi pendukung pembelajaran serta sumber bahan ajar yang diperlukan siswa. Pemanfaatan teknologi dapat menjadi salah satu contoh sarana prasarana yang mendukung kegiatan pembelajaran.

Target Peserta Didik

Modul ajar mempertimbangkan beberapa kelompok target peserta didik, termasuk yang tidak mengalami kesulitan, yang mengalami kesulitan belajar, dan yang memiliki kemampuan pencapaian tinggi. Modul disusun untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran masing-masing kelompok.

Model Pembelajaran

Terdapat komponen model pembelajaran dalam modul ajar, mencakup pilihan antara pembelajaran tatap muka, online, atau kombinasi blended learning. Pilihan ini disesuaikan dengan kebutuhan pelaksanaan pembelajaran di sekolah.

Tujuan Pengembangan Modul Ajar

Tujuan utama pengembangan modul ajar melibatkan:

  • Mengembangkan Perangkat Ajaran: Modul ajar dirancang untuk membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran, memberikan kebebasan untuk memodifikasi sesuai dengan karakteristik siswa.
  • Memberikan Kebebasan Guru: Guru memiliki kebebasan untuk memilih atau mengadaptasi modul ajar sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Kriteria Modul Ajar yang Baik

Modul ajar yang baik memenuhi beberapa kriteria esensial, seperti bersifat esensial, menarik, relevan, dan berkesinambungan. Modul tersebut tidak hanya mengajarkan konsep, tetapi juga membangun pengalaman belajar lintas disiplin, memberikan makna, serta merangsang minat belajar siswa secara aktif. Relevansi dengan pengetahuan sebelumnya dan konteks waktu siswa juga menjadi fokus, dengan alur kegiatan pembelajaran yang berkesinambungan sepanjang fase belajar.

RPP/Modul Ajar Bahasa Inggris Fase C Kelas 3-4 SD Semester Ganjil dan Genap

Modul ini bukan hanya sebagai sarana penyampaian materi bahasa asing, tetapi juga sebagai alat untuk menggugah minat dan motivasi belajar anak-anak sejak usia dini. Berikut beberapa materi utama dan bab pada mata pelajaran Bahasa Inggris kurikulum merdeka: 

1. Modul Ajar Bahasa Inggris Fase B Kelas 3 Kurikulum Merdeka 

  • Materi 1: Cardinal Number 0 – 100
  • Materi 2: Introduce yourself
  • Materi 3: Polite expression
  • Materi 4: Respond to Yes/No and W-H question related to familiar social and classroom situations, such as school, address
  • Materi 5: Ask for and give the time (What time is it? It’s half past eight)
Link modul ajar bahasa inggris kelas 3 SD semester ganjil dan genap (unduh disini)

2. Modul Ajar Bahasa Inggris Fase B Kelas 4 Kurikulum Merdeka

  • What Are You Doing?
  • There Are 67 English Books
  • My Living Room is Beside Kitchen
  • Cici Cooks in The Kitchen
  • The Stove is in The Kitchen
  • I Can Make Fried Egg in The Kitchen
  • Be On Time!  
  • I Go to School after Having Breakfeast  
  • He always gets up at 5 o’clock
  • How do you go to school?
  • He goes to school by bike
Link modul ajar bahasa inggris kelas 4 SD semester ganjil [unduh disini] dan semester genap [unduh disini]

Dengan adanya Modul ini, siswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan bahasa Inggris dengan lebih baik dan menyenangkan. Modul ini tidak hanya menjadi alat untuk mempelajari bahasa asing, tetapi juga sebagai wahana untuk merangsang minat belajar dan pengembangan potensi anak secara menyeluruh.  

Baca Juga: 

Modul Ajar Bahasa Inggris Fase B Kelas 3 - 4 SD Kurikulum Merdeka di atas tidak bersifat permanen, jadi bapak ibu guru bisa mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan sekolah. 

Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."