Modul Ajar/RPP+ Bahasa Inggris Fase C Kelas 5 – 6 SD Kurikulum Merdeka

Daftar Isi

Nyero.ID - Modul Ajar Bahasa Inggris Fase C Kelas 5 - 6 SD Kurikulum Merdeka adalah suatu panduan pembelajaran yang dirancang secara khusus untuk memperkenalkan dasar-dasar bahasa Inggris kepada anak-anak usia dini. 

Dalam era globalisasi ini, kecakapan berbahasa Inggris menjadi suatu kebutuhan yang esensial bagi para generasi muda. Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris tidak hanya membuka pintu peluang akademis, tetapi juga mendukung interaksi global dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan dunia kerja.

 Sejalan dengan semangat reformasi pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia memperkenalkan Kurikulum Merdeka, dan Modul Ajar Bahasa Inggris Fase C menjadi langkah kunci untuk mendukung pengembangan kompetensi berbahasa Inggris pada tingkat pendidikan menengah.

Fase C dari Modul Ajar Bahasa Inggris dihadirkan untuk merespons kebutuhan siswa dalam menguasai bahasa Inggris secara lebih mendalam. Modul ini dirancang dengan pendekatan yang berfokus pada pengembangan kemampuan berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis, memberikan siswa landasan kuat untuk berkomunikasi dalam konteks global.

Modul Ajar Bahasa Inggris Fase C Kelas 5 – 6 SD Kurikulum Merdeka

Proses pengembangan Modul Ajar Bahasa Inggris Fase C melibatkan kolaborasi antara guru bahasa Inggris, ahli linguistik, dan praktisi pendidikan. Modul ini dihasilkan dengan mempertimbangkan kebutuhan siswa di tingkat pendidikan menengah, menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif.

Keunggulan Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Dalam era Kurikulum Merdeka, modul ajar menjadi pilar utama dalam melibatkan siswa dalam pembelajaran yang efektif. Dengan mengusung pendekatan komunikatif, konten kontekstual, dan integrasi teknologi, modul ajar membawa berbagai keunggulan untuk memperkaya proses pembelajaran. Artikel ini akan menjelaskan secara rinci bagaimana modul ajar dalam kurikulum merdeka memberikan manfaat bagi guru dan siswa.

1. Pendekatan Komunikatif

Modul ajar dalam kurikulum merdeka menerapkan pendekatan komunikatif yang mempromosikan interaksi antara guru dan siswa serta antarsiswa. Melalui modul, siswa diajak untuk terlibat dalam diskusi, pertanyaan, dan pemecahan masalah. Pendekatan ini membantu meningkatkan kemampuan komunikasi siswa, memungkinkan mereka untuk lebih aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran.

2. Konten Kontekstual dan Aktual

Modul ajar dirancang untuk menyajikan konten pembelajaran yang relevan dengan konteks sekitar siswa dan aktual dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memasukkan materi yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan siswa, modul membantu meningkatkan minat belajar siswa serta memperkuat keterkaitan antara materi pelajaran dengan kehidupan nyata.

3. Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran

Modul ajar dalam kurikulum merdeka mendorong penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Dengan memanfaatkan teknologi, seperti multimedia dan platform online, modul menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Hal ini dapat membantu siswa terbiasa dengan teknologi, serta memberikan akses lebih luas terhadap sumber daya pembelajaran.

4. Evaluasi Formatif dan Proses

Modul ajar memberikan penekanan pada evaluasi formatif, yang terintegrasi dalam proses pembelajaran. Melalui penilaian yang berkesinambungan, guru dapat memantau perkembangan siswa selama pembelajaran. Dengan memberikan umpan balik secara berkala, modul membantu siswa untuk terus meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi, sekaligus memungkinkan guru untuk menyesuaikan metode mengajar sesuai kebutuhan siswa.

5. Manfaat bagi Guru dan Siswa

Modul ajar memberikan manfaat ganda, baik bagi guru maupun siswa. Bagi guru, modul memberikan panduan yang jelas dalam perencanaan pembelajaran, memberikan fleksibilitas untuk menyesuaikan dengan karakteristik siswa. Bagi siswa, modul menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih terarah dan mendalam, memungkinkan mereka untuk belajar sesuai dengan kecepatan dan gaya belajar masing-masing.

Dengan diperkenalkannya Modul Ajar Bahasa Inggris Fase C, diharapkan tingkat kemampuan berbahasa Inggris siswa di tingkat menengah akan semakin meningkat. Modul ini bukan hanya sebagai alat pembelajaran, tetapi juga sebagai wujud komitmen untuk mendukung pendidikan bahasa Inggris yang adaptif dan relevan dengan kebutuhan global. Sebagai bagian integral dari Kurikulum Merdeka, Modul Ajar Bahasa Inggris Fase C menjadi pilar dalam mencetak generasi yang kompeten dan siap menghadapi tantangan global di masa depan.

Komponen Modul Ajar dalam Kurikulum Merdeka

Modul ajar merupakan implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran.

Dalam penyusunannya, modul ajar disusun secara sistematis, mempertimbangkan fase atau tahap perkembangan peserta didik, serta menekankan pada apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran, dan berbasis perkembangan jangka panjang. Berikut ini adalah komponen-komponen yang terdapat dalam penyusunan modul ajar:

A. Komponen Informasi Umum:

  • Identitas Sekolah: Menyajikan informasi umum tentang identitas sekolah sebagai latar belakang pembelajaran.
  • Kompetensi Awal: Merinci kompetensi awal yang diinginkan sebelum peserta didik memulai pembelajaran.
  • Profil Pelajar Pancasila: Menyajikan profil pelajar yang mengacu pada nilai-nilai Pancasila sebagai landasan utama pembelajaran.
  • Sarana dan Prasarana: Menjelaskan fasilitas dan penunjang pembelajaran yang tersedia.
  • Target Peserta Didik: Menyajikan gambaran tentang siapa peserta didik yang menjadi target modul ajar.
  • Model Pembelajaran: Menyajikan model atau pendekatan pembelajaran yang akan digunakan.

B. Komponen Inti:

  • Tujuan Pembelajaran: Menyajikan tujuan yang ingin dicapai oleh peserta didik setelah menyelesaikan modul.
  • Pemahaman Bermakna: Mendorong pemahaman bermakna peserta didik terkait dengan materi pembelajaran.
  • Pertanyaan Pemantik: Menyajikan pertanyaan yang mendorong refleksi dan pemikiran kritis peserta didik.
  • Persiapan Pembelajaran: Menyajikan langkah-langkah atau persiapan yang perlu dilakukan sebelum memulai kegiatan pembelajaran.
  • Kegiatan Pembelajaran: Merinci rangkaian kegiatan pembelajaran yang mendukung mencapai tujuan pembelajaran.
  • Asesmen: Menyajikan instrumen atau metode evaluasi untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran.
  • Pengayaan dan Remidial: Memberikan alternatif kegiatan atau materi untuk pengayaan atau pemulihan bagi peserta didik.
  • Refleksi Peserta Didik dan Guru: Menyajikan ruang untuk refleksi diri baik dari peserta didik maupun guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan.

C. Komponen Lampiran:

  • Lembar Kerja Peserta Didik: Menyajikan lembar kerja atau aktivitas yang harus dilakukan oleh peserta didik.
  • Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik: Menyajikan bahan bacaan yang dapat digunakan oleh guru dan peserta didik.
  • Glosarium: Memberikan daftar kata-kata atau istilah khusus beserta pengertiannya.
  • Daftar Pustaka: Menyajikan referensi atau sumber informasi yang digunakan dalam penyusunan modul ajar.

Modul Ajar Bahasa Inggris Fase C Kelas 5-6 SD Semester Ganjil dan Genap Kurikulum Merdeka

Modul ini bukan hanya sebagai sarana penyampaian materi bahasa asing, tetapi juga sebagai alat untuk menggugah minat dan motivasi belajar anak-anak sejak usia dini. Berikut beberapa materi utama dan bab pada mata pelajaran Bahasa Inggris kurikulum merdeka: 

1. Modul Ajar Bahasa Inggris Fase C Kelas 5 Kurikulum Merdeka 

  • Tema 1: What Delicious Bakso
  • Tema 2: I Want an Ice Cream Cone
  • Tema 3:  
  • Tema 4: I've Got a Stomachache
  • Tema 5: What a Nice Skirt
  • Tema 6: Parts of Our Body that Work Together
  • Tema 7: How Tall are You
  • Tema 8: The Giraffe is Taller than the Deer
  • Tema 9: The Elephant is The Biggest
  • Tema 10: I Like Playing "Balap Karung
Link modul ajar bahasa inggris kelas 5 SD semester ganjil dan genap (unduh disini)

2. Modul Ajar Bahasa Inggris Fase C Kelas 6 Kurikulum Merdeka

  • Tema 1: Angka dalam Kalender
  • Tema 2: Describing Places
  • Tema 3: Make and respond to requests
  • Tema 4: Read a variety of signs (e.g. home environment, school, community)
  • Tema 5: Read a variety of charts (e.g. home environment, school, community)
Link modul ajar bahasa inggris kelas 6 SD semester ganjil dan semester genap [buka disini]

Dengan adanya Modul ini, siswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan bahasa Inggris dengan lebih baik dan menyenangkan. Modul ini tidak hanya menjadi alat untuk mempelajari bahasa asing, tetapi juga sebagai wahana untuk merangsang minat belajar dan pengembangan potensi anak secara menyeluruh. 

Dengan pendekatan yang inklusif dan berorientasi pada hasil, modul ini mendukung visi kurikulum Merdeka yang menghargai kebebasan belajar dan mencetak generasi penerus bangsa yang berpengetahuan dan berkompeten secara global.

Baca Juga: 

  1. Modul Ajar PJOK Fase C Kelas 5-6 SD Kurikulum Merdeka 
  2. Modul Ajar Matematika Fase C Kelas 5-6 SD Kurikulum Merdeka
  3. Modul Ajar Seni Tari, Rupa, Musik dan Tetaer Fase B Kelas 3-4 SD Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Bahasa Inggris Fase C Kelas 5 - 6 SD Kurikulum Merdeka di atas tidak bersifat permanen, jadi bapak ibu guru bisa mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan sekolah. 

Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."