Modul Ajar/RPP+ Matematika Fase B Kelas 3–4 SD Kurikulum Merdeka

Daftar Isi

Nyero.ID - Modul Ajar Matematika Fase B untuk siswa Kelas 3 - 4 SD adalah suatu panduan pembelajaran yang secara khusus dirancang untuk memperkenalkan konsep dasar matematika kepada anak-anak pada tahap awal pembelajaran. 

Matematika bukan hanya sekadar angka dan rumus, tetapi juga merupakan alat untuk membentuk pemikiran kritis dan logis pada siswa. Modul ajar Matematika untuk fase B dirancang dengan memperhatikan keunikan dan kebutuhan siswa pada tingkat perkembangan tersebut. 

Sesuai dengan Kurikulum Merdeka, modul ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan pemahaman konsep Matematika, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kolaboratif, dan kreatif pada siswa.

Modul ini dimulai dengan pengenalan konsep dasar Matematika yang sesuai dengan kurikulum kelas 3 dan 4 SD. Penggunaan metode pembelajaran yang menarik dan berbasis konteks membantu siswa untuk lebih mudah memahami konsep-konsep tersebut.

Modul Ajar Matematika Fase B Kelas 3–4 SD Kurikulum Merdeka

Sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka yang menekankan pada kolaborasi, modul ini memasukkan kegiatan kelompok yang memungkinkan siswa bekerja bersama untuk memecahkan masalah Matematika. Hal ini tidak hanya meningkatkan keterampilan sosial mereka tetapi juga memperdalam pemahaman konsep. 

RPP + / Modul Ajar dalam Kurikulum Merdeka

Dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, Komponen Modul Ajar menjadi elemen krusial dalam memberikan pengalaman belajar yang optimal. Modul ini tidak hanya mencakup alat media dan metode pembelajaran, tetapi juga menggabungkan petunjuk dan panduan secara sistematis, menjadikannya instrumen yang menyenangkan dan bermakna. Untuk memastikan keterkaitan yang harmonis antarbagian dan menghindari plagiasi serta deteksi AI content, perhatian khusus perlu diberikan pada penyusunan modul ajar ini.

1. Sistematika yang Terpadu

Sebuah modul ajar yang efektif harus memenuhi dua prinsip utama: kelengkapan dan sistematika. Kelengkapan mengindikasikan bahwa semua bagian modul, mulai dari awal hingga akhir, harus tersusun dengan memperhitungkan Sistematika ini memastikan bahwa modul saling membangun, memudahkan peserta didik dalam memahami materi, dan memberikan kemudahan kepada guru dalam penyampaian.

2. Komponen Inti Modul Ajar

Sejumlah komponen inti dalam modul ajar turut menentukan keberhasilan pembelajaran.

a. Tujuan Pembelajaran yang Jelas 

Tujuan pembelajaran harus mencerminkan elemen-elemen penting dan dapat diuji melalui berbagai bentuk penilaian, mengukur pemahaman siswa secara komprehensif.

b. Rencana Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran harus melibatkan urutan langkah-langkah yang terorganisir, termasuk alternatif dan penyesuaian sesuai kebutuhan siswa.

c. Rencana Asesmen yang Terinci

Rencana asesmen pembelajaran harus mencakup alat dan sarana yang jelas untuk penilaian, dengan kriteria keberhasilan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

3. Fleksibilitas untuk Pengembangan Lokal

Dalam merakit modul ajar, guru memiliki kebebasan untuk menyesuaikan setiap bagian sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar siswa. Sebuah modul yang efektif tidak hanya memuat elemen-elemen inti, tetapi juga memperhitungkan perbedaan dalam gaya pembelajaran dan kebutuhan individu siswa.

4. Kriteria Penting Modul Ajar

a. Esensial dan Komprehensif

Modul ajar harus mencerminkan esensi setiap mata pelajaran, memastikan bahwa pemahaman konseptual dapat diambil dari pengalaman belajar dan lintas mata pelajaran.

b. Menarik, Bermakna, dan Menantang

Modul harus merangsang minat belajar, melibatkan siswa secara aktif, dan menyajikan materi dengan tingkat kesulitan yang sesuai dengan tingkat usia mereka.

c. Relevan dan Kontekstual

Penting agar modul berkaitan dengan pengetahuan dan pengalaman sebelumnya siswa, serta relevan dengan konteks waktu dan tempat pembelajaran.

d. Berkesinambungan

Ada hubungan yang jelas antara langkah-langkah kegiatan belajar, sesuai dengan tahap perkembangan siswa, untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang berkesinambungan.

Dengan memperhatikan prinsip-prinsip ini, Komponen Modul Ajar Kurikulum Merdeka menjadi alat yang efektif dan mendukung pembelajaran yang menarik, bermakna, dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Modul Ajar Matematika Fase B Kelas 3 – 4 SD Semester Ganjil dan Genap Kurikulum Merdeka

Matematika, sebagai mata pelajaran kunci, tidak hanya menjadi fondasi pemahaman konsep-konsep dasar, tetapi juga membentuk pola pikir analitis dan problem-solving anak-anak. Berikut beberapa materi utama dan bab pada mata pelajaran Matematika kurikulum merdeka: .

1. Modul Ajar Matematika Fase B Kelas 3 SD/MI

  • Materi 1: Penjumlahan Bilangan Cacah [buka disini]
  • Materi 2: Pengurangan Bilangan Cacah [buka disini]
  • Materi 3: Penjumlahan Pengurangan Bilangan Cacah [buka disini]
  • Materi 4: Pola Gambar [buka disini]
  • Materi 5: Pola Bilangan Membesar [buka disini]
  • Materi 6: Bilangan memperkiraan tempat ke bil terdekat pembulatan ke puluhan, ratusan, ribuan terdekat [buka disini]
  • Materi 7: Bilangan Perkalian dan Pembagian [buka disini]
  • Materi 8: Bilangan perkalian dan konsep faktor [buka disini]
  • Materi 9: Bilangan Konsep Pecahan Sederhana [buka disini]
  • Materi 10: Geometri Ciri Bangun Datar [buka disini]
  • Materi 11: Bilangan Cacah [buka disini]
  • Materi 12: Bilangan, Nilai dan Tempat [buka disini]          

2. Modul Ajar Matematika Fase B Kelas 4 SD/MI

    • Materi 1: Bilangan Cacah Besar
    • Materi 2: Pembagian
    • Materi 3: Berpikir tentang Cara Berhitung
    • Materi 4: Sudut
    • Materi 5: Pembagian dengan Bilangan Satu Angka  
    • Materi 6: Segi Empat
    • Materi 7: Pembagian Bilangan 2 Angka
    • Materi 8: Diagram Garis
    • Materi 9: Membulatkan Angka
    • Materi 10: Sempoa Jepang

    Link modul ajar matematika kelas 4 kurikulum merdeka semester ganjil [buka disini]

    • Materi 11: Kalimat matematika dan Perhitungan
    • Materi 12: Luas
    • Materi 13: Bilang Desimal
    • Materi 14: Strategi Berhitung
    • Materi 15: Penyusunan Data
    • Materi 16: Perkalian dan Pembagian Bilangan Desimal 
    • Materi 17: Pecahan
    • Materi 18: Balok dan Kubus
    • Materi 19: Perubahan Kuantitas Secara Bersamaan
    • Materi 20: Ringkasan Kelas 4

    Link modul ajar matematika kelas 4 kurikulum merdeka semester genap [buka disini]

    Modul ini bukan hanya sebagai panduan belajar, tetapi juga sebagai alat untuk memberdayakan siswa menjadi pembelajar aktif dan kreatif. 

    Baca Juga: 

    Modul Ajar Matematika Kelas 3–4 SD Fase B Kurikulum Merdeka di atas tidak bersifat permanen, jadi bapak ibu guru bisa mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan sekolah. 

    Muh. Akbar
    Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."