Modul Ajar/RPP+ PAI Kelas 2 SD Semester Ganjil & Genap Kurikulum Merdeka

Daftar Isi

Nyero.ID - Modul Ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BD) untuk siswa Sekolah Dasar (SD) Kelas 2 adalah suatu panduan pembelajaran yang dirancang khusus untuk memperkenalkan nilai-nilai agama Islam dan pembentukan karakter moral kepada anak-anak pada usia dini. 

Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moral siswa sejak dini. Dalam era Kurikulum Merdeka, fokus pendidikan semakin diperkuat untuk memberikan pemahaman agama dan nilai-nilai luhur kepada anak-anak. Pada tingkat Sekolah Dasar (SD) kelas 2, modul ajar PAI dan Budi Pekerti menjadi instrumen yang strategis untuk mencapai tujuan tersebut. 

Modul ajar PAI dan Budi Pekerti pada tingkat SD kelas 2 dalam Kurikulum Merdeka diarahkan untuk memberikan pemahaman yang holistik tentang ajaran Islam yang sesuai dengan perkembangan anak-anak pada usia ini. Materi disusun dengan pendekatan yang menarik dan mudah dipahami, dengan menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa.

RPP PAI Kelas 2 SD Semester Ganjil & Genap

Salah satu aspek yang ditekankan adalah pengenalan kepada konsep dasar Islam, seperti Rukun Islam, rukun iman, dan kisah-kisah ringan tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW. Dengan memanfaatkan multimedia dan interaktifitas, modul ini tidak hanya memberikan pengetahuan tetapi juga membangun minat dan motivasi siswa dalam memahami agama.

Modul ajar PAI dan Budi Pekerti untuk kelas 2 SD diintegrasikan secara sinergis dengan Kurikulum Merdeka. Pembelajaran tidak hanya terbatas pada kelas, tetapi juga menggabungkan pendekatan ekstrakurikuler dan pembelajaran di luar kelas. Ini memastikan bahwa nilai-nilai agama dan budi pekerti tidak hanya diajarkan, tetapi juga diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari siswa.

Komponen Modul Ajar dalam Kurikulum Merdeka

Modul ajar merupakan implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran.

Dalam penyusunannya, modul ajar disusun secara sistematis, mempertimbangkan fase atau tahap perkembangan peserta didik, serta menekankan pada apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran, dan berbasis perkembangan jangka panjang. Berikut ini adalah komponen-komponen yang terdapat dalam penyusunan modul ajar:

A. Komponen Informasi Umum:

  • Identitas Sekolah: Menyajikan informasi umum tentang identitas sekolah sebagai latar belakang pembelajaran.
  • Kompetensi Awal: Merinci kompetensi awal yang diinginkan sebelum peserta didik memulai pembelajaran.
  • Profil Pelajar Pancasila: Menyajikan profil pelajar yang mengacu pada nilai-nilai Pancasila sebagai landasan utama pembelajaran.
  • Sarana dan Prasarana: Menjelaskan fasilitas dan penunjang pembelajaran yang tersedia.
  • Target Peserta Didik: Menyajikan gambaran tentang siapa peserta didik yang menjadi target modul ajar.
  • Model Pembelajaran: Menyajikan model atau pendekatan pembelajaran yang akan digunakan.

B. Komponen Inti:

  • Tujuan Pembelajaran: Menyajikan tujuan yang ingin dicapai oleh peserta didik setelah menyelesaikan modul.
  • Pemahaman Bermakna: Mendorong pemahaman bermakna peserta didik terkait dengan materi pembelajaran.
  • Pertanyaan Pemantik: Menyajikan pertanyaan yang mendorong refleksi dan pemikiran kritis peserta didik.
  • Persiapan Pembelajaran: Menyajikan langkah-langkah atau persiapan yang perlu dilakukan sebelum memulai kegiatan pembelajaran.
  • Kegiatan Pembelajaran: Merinci rangkaian kegiatan pembelajaran yang mendukung mencapai tujuan pembelajaran.
  • Asesmen: Menyajikan instrumen atau metode evaluasi untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran.
  • Pengayaan dan Remidial: Memberikan alternatif kegiatan atau materi untuk pengayaan atau pemulihan bagi peserta didik.
  • Refleksi Peserta Didik dan Guru: Menyajikan ruang untuk refleksi diri baik dari peserta didik maupun guru terkait pembelajaran yang telah dilakukan.

C. Komponen Lampiran:

  • Lembar Kerja Peserta Didik: Menyajikan lembar kerja atau aktivitas yang harus dilakukan oleh peserta didik.
  • Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik: Menyajikan bahan bacaan yang dapat digunakan oleh guru dan peserta didik.
  • Glosarium: Memberikan daftar kata-kata atau istilah khusus beserta pengertiannya.
  • Daftar Pustaka: Menyajikan referensi atau sumber informasi yang digunakan dalam penyusunan modul ajar.

RPP/Modul Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 2 Semester Ganjil dan Genap

Modul ini tidak hanya membimbing siswa dalam memahami ajaran agama Islam, tetapi juga membentuk karakter dan budi pekerti yang baik sejak usia dini. 

Pada mata pelajaran Modul Ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BD)  kelas 2 ada 10 judul bab yaitu:

1. Modul Ajar PAI Semester Ganjil

  • Bab 1: Ayo Belajar Al-Qur'an
  • Bab 2: Mari Mengenal Allah SWT
  • Bab 3Ayo Berperilaku Terpuji
  • Bab 4Alhamdulillah, Aku bisa Shalat
  • Bab 5Asik Belajar Kisah Nabi Nuh a.s.
Link modul ajar PAI SD kelas 2 semester ganjil (unduh disini)

2. Modul Ajar PAI Semester Genap

  • Bab 6: Senang Bisa membaca Al-Qur'an
  • Bab 7: Mari Mengenal Malaikat-Malaikat Allah SWT
  • Bab 8: Aku Senang Bisa Brakhlak Terpuji
  • Bab 9: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
  • Bab 10: Asik Belajar Kisah Ayahnya Para Nabi

Link modul ajar PAI SD kelas 2 semester genap (unduh disini

Dengan adanya Modul Ajar ini, siswa diharapkan dapat tumbuh sebagai individu yang memiliki pemahaman agama yang baik dan karakter berbudi pekerti mulia. 

Modul ini tidak hanya menjadi sarana untuk menanamkan nilai-nilai keislaman, tetapi juga sebagai alat pembentukan karakter yang berlandaskan ajaran agama. 

Baca Juga:

Dengan pendekatan yang inklusif dan holistik, modul ini mendukung visi kurikulum Merdeka yang menghargai keberagaman dan mencetak generasi penerus bangsa yang berakhlak dan berintegritas.

Modul Ajar PAI jenjang SD Kelas 2 di atas tidak bersifat permanen, jadi bapak ibu guru bisa mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan sekolah.

Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."