Blogger Jateng

Modul Ajar PJOK Fase B Kelas 3 - 4 SD Kurikulum Merdeka

Nyero.ID - Modul Ajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) untuk siswa Fase B kelas 3-4 SD adalah suatu panduan pembelajaran yang didesain khusus untuk memperkenalkan konsep dasar aktivitas fisik, olahraga, dan pemahaman tentang kesehatan kepada anak-anak usia dini.

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Dasar memegang peran penting dalam pembentukan fisik, kesehatan, dan kebugaran siswa. Dalam era Kurikulum Merdeka, pendekatan pembelajaran PJOK diarahkan untuk lebih memotivasi dan melibatkan siswa, sehingga mereka tidak hanya memahami pentingnya aktivitas fisik, tetapi juga terlibat aktif dalam gaya hidup sehat. 

Modul ini dimulai dengan memperkenalkan siswa pada pentingnya aktivitas fisik bagi kesehatan dan perkembangan tubuh. Dalam semangat Kurikulum Merdeka, pendekatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis tetapi juga mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari siswa.

Kurikulum Merdeka menekankan pada variasi dan keberagaman. Modul ini menghadirkan berbagai jenis olahraga dan permainan, memastikan bahwa siswa memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka dalam berbagai kegiatan fisik.

Modul ini tidak hanya fokus pada aspek fisik tetapi juga membahas kesehatan secara menyeluruh. Siswa diajak untuk memahami pentingnya pola makan sehat, tidur yang cukup, dan kebiasaan-kebiasaan sehat lainnya yang mendukung gaya hidup sehat.

modul-ajar-pjok-fase-b-kelas-3-4-sd

Dalam semangat Kurikulum Merdeka yang menekankan pada pengembangan keterampilan, modul ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan motorik dasar siswa melalui berbagai aktivitas fisik yang menyenangkan dan interaktif.

Melalui kegiatan tim dan permainan kelompok, siswa diajak untuk mengembangkan keterampilan kerjasama dan kepemimpinan. Ini tidak hanya menciptakan pemahaman tentang pentingnya bekerja sama, tetapi juga memupuk nilai-nilai sosial.

Modul ini menggunakan pendekatan evaluasi formatif dan pembelajaran kontinu untuk mengukur perkembangan fisik dan kesehatan siswa. Evaluasi tidak hanya berfokus pada prestasi atletik, tetapi juga pada partisipasi, sikap, dan pemahaman tentang pentingnya kebugaran.

Dengan demikian, Modul Ajar PJOK Fase B Kelas 3 - 4 SD Kurikulum Merdeka yang diadaptasi dengan semangat Kurikulum Merdeka diharapkan dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih menyenangkan dan bermanfaat bagi siswa. Melalui pendekatan holistik ini, diharapkan siswa tidak hanya menjadi lebih aktif secara fisik tetapi juga lebih menyadari arti pentingnya kesehatan dan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari mereka.  

Penerapan Modul Ajar dalam Kurikulum Merdeka

Dalam menerapkan Kurikulum Merdeka, setiap pendidik diharapkan memiliki rencana pembelajaran yang dapat membimbing proses belajar menuju pencapaian Capaian Pembelajaran (CP). Rencana ini diwujudkan dalam bentuk modul ajar. Tetapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan modul ajar dalam konteks Kurikulum Merdeka?

Modul ajar adalah perangkat pembelajaran yang menjadi landasan bagi pendidik dalam menyelenggarakan kegiatan belajar dengan tujuan mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP). Modul ini bertindak sebagai panduan rinci dari alur tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.

Dalam interpretasi Kurikulum Merdeka, modul ajar bukan sekadar alat bantu, melainkan merupakan sarana, metode, dan pedoman yang dirancang secara sistematis. Modul ini menjadi manifestasi konkret dari rencana pelaksanaan pembelajaran yang muncul dari pengembangan Capaian Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasarannya. Selain itu, dalam proses penyusunannya, modul ajar disusun dengan mempertimbangkan fase perkembangan siswa dan substansi yang ingin dipelajari, sejalan dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan.

Dalam ranah Kurikulum Merdeka, modul ajar melibatkan komponen-komponen yang menjadi dasar pelaksanaan dan sekaligus merupakan kelengkapan persiapan penyelenggaraan pembelajaran. Komponen ini juga dapat disesuaikan dengan jenis mata pelajaran atau kebutuhan khusus siswa. Keunggulan penggunaan modul ajar terletak pada fakta bahwa guru tidak perlu lagi menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), karena komprehensifitas modul ajar mencakup komponen-komponen RPP atau bahkan lebih lengkap daripada RPP itu sendiri.

Dengan kata lain, modul ajar tidak hanya menjadi panduan praktis bagi pendidik, tetapi juga mampu mengoptimalkan efisiensi waktu dan energi guru dalam menyelenggarakan pembelajaran sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka.

RPP+/Modul Ajar PJOK Fasa B Kelas 3 - 4 SD Semester Ganjil dan Genap Kurikulum Merdeka

Modul ini bukan hanya menyajikan konsep dasar olahraga dan kesehatan, tetapi juga berfungsi sebagai alat untuk mengembangkan karakter, kedisiplinan, dan semangat kebersamaan sejak usia dini. Pada mata pelajaran PJOK SD kelas 2 ada 8 tema utama yaitu:

1. Modul Ajar Semeseter Ganjil

    • Tema 1: Kombinasi Gerak Lokomotor
    • Tema 2: Kombinasi Gerakn Nonlokomotor
    • Tema 3: Kombinasi Gerak Manipulatif
    • Tema 4: Kombinasi Gerak Dominan
    • Tema 5: Kombinasi Gerak Berirama
    • Tema 6: Aktivitas Kebugaran
    • Tema 7: Pola Perilaku Hidup Sehat  
    Link modul Ajar PJOK kelas 3 semester ganjil dan genap: (Unduh disini)

    2. Modul Ajar PJOK Fase B Kelas 4

    • Tema 1: Pola Gerak Dasar Lokomotor 
    • Tema 2: Pola Gerak Dasar Nonlokomotor  
    • Tema 3: Pola Gerak Manipulatif
    • Tema 4: Aktivitas Senam
    • Tema 5: Gerak Berirama
    • Tema 6: Aktivitas Kebugaran Jasmani
    • Tema 7: Pola Perilaku Hidup Sehat
    Link modul ajar PJOK kelas 4 semester ganjil dan genap: (Unduh disini)

    Dengan adanya Modul Ajar ini, Siswa diharapkan dapat tumbuh sebagai individu yang sehat, aktif, dan berakhlak mulia. Modul ini tidak hanya menjadi panduan bagi kegiatan fisik, tetapi juga sebagai alat untuk membentuk karakter dan membangun dasar kesehatan yang kuat. 

    Dengan pendekatan yang inklusif dan holistik, modul ini mendukung visi kurikulum Merdeka yang menghargai kebebasan belajar dan mencetak generasi penerus bangsa yang berpotensi dan sehat secara menyeluruh.

    Baca Juga:

    Modul Ajar PJOK Fase B Kelas 3 - 4 SD Kurikulum Merdeka di atas tidak bersifat permanen, jadi bapak ibu guru bisa mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan sekolah. 

    Muh. Akbar
    Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."