Modul Ajar/RPP+ PPKn Fase C Kelas 5 – 6 SD Kurikulum Merdeka

Daftar Isi

Nyero.ID - Modul Ajar PPKn Fase C Kelas 5 - 6 SD Kurikulum Merdeka adalah suatu panduan pembelajaran yang dirancang khusus untuk memperkenalkan konsep dasar tentang Pancasila, kewarganegaraan, dan norma-norma kehidupan bersama. 

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) memiliki peran sentral dalam membentuk karakter dan kepribadian siswa sebagai warga negara yang bertanggung jawab. Sejalan dengan semangat reformasi pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia memperkenalkan Kurikulum Merdeka sebagai langkah menuju pendidikan yang lebih adaptif dan relevan. 

Salah satu komponen utama dalam kurikulum ini adalah Modul Ajar PPKn Fase C, sebuah inisiatif yang bertujuan mendukung perkembangan nilai-nilai kebangsaan dan kewarganegaraan pada tingkat pendidikan sekolah dasar.

Fase C dari Modul Ajar PPKn menjadi tonggak penting dalam menghadirkan pendidikan kewarganegaraan yang holistik dan berdaya saing. Modul ini dirancang untuk menyajikan materi PPKn dengan pendekatan yang lebih kontekstual dan mendalam, membantu siswa memahami makna nilai-nilai Pancasila dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Modul Ajar PPKn Fase C Kelas 5 – 6 SD Kurikulum Merdeka

Proses pengembangan Modul Ajar PPKn Fase C melibatkan kolaborasi antara pakar PPKn, ahli pendidikan, dan tenaga pendidik. Modul ini dihasilkan dengan mempertimbangkan karakteristik perkembangan remaja di tingkat pendidikan sekolah dasar, menjadikan pengalaman belajar lebih dekat dengan realitas siswa. 

Modul Ajar PPKn Fase C Kelas 5 - 6 SD Semester Ganjil & Genap Kurikulum Merdeka

Modul ini dirancang untuk memberikan dasar pemahaman yang kokoh mengenai nilai-nilai kebangsaan dan kewarganegaraan, sejalan dengan semangat kurikulum Merdeka yang menekankan pada kebebasan belajar dan pengembangan karakter bangsa. Berikut beberapa materi utama dan bab pada mata pelajaran PPKn kurikulum merdeka: :

1. Modul Ajar PPKn Fase C Kelas 5

  • Materi 1: Pancasila dalam Kehidupanku
  • Materi 2: Gotong Royong dalam Kehidupanku
  • Materi 3: Norma dalam Kehidupanku
  • Materi 4: Negaraku Indonesia
Link modul ajar PPKn fase C kelas 5 SD semester ganjil dan genap [buka disini]

2. Modul Ajar PPKn Fase C Kelas 6 

  • Materi 1: Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari [buka disini]
  • Materi 2: Pancasila dan Nilai-nilai Pengamalannya [buka disini]
  • Materi 3: Musyawarah dan Menghargai Pendapat Orang Lain [buka disini

Dengan adanya Modul Ajar ini, siswa diharapkan dapat tumbuh sebagai individu yang memiliki karakter unggul dan berkontribusi positif pada masyarakat. 

Modul ini bukan hanya sebagai instrumen pendidikan formal, tetapi juga sebagai wahana untuk menghidupkan semangat kebebasan berpikir dan berkarakter. 

Melalui pendekatan yang sesuai dengan perkembangan anak, modul ini memberikan kontribusi nyata dalam mencetak generasi yang cinta tanah air dan memiliki pemahaman mendalam tentang nilai-nilai kebangsaan.

Baca Juga: 

  1. Modul Ajar PJOK Fase C Kelas 5-6 SD Kurikulum Merdeka
  2. Modul Ajar Bahasa Indonesia Fase C Kelas 5-6 SD Kurikulum Merdeka
  3. Modul Ajar Bahasa Inggris Fase C Kelas 5-6 SD Kurikulum Merdeka

Modul Ajar PPKn Fase C Kelas 5 - 6 SD Kurikulum Merdeka di atas tidak bersifat permanen, jadi bapak ibu guru bisa mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan sekolah. 

Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."