Blogger Jateng

Modul Ajar Seni Tari, Musik, Rupa dan Teater Fase B Kelas 3 - 4 SD

Nyero.ID - Modul Ajar Seni Tari, Musik, Rupa dan Teater pada Fase B Kelas 3 - 4 Kurikulum Merdeka adalah suatu panduan pembelajaran yang secara khusus dirancang untuk memperkenalkan siswa tentang seni dan budaya pada awal-awal pembelajaran.

Dalam era Kurikulum Merdeka, pendidikan seni dan budaya memegang peran penting dalam membentuk karakter dan kreativitas peserta didik. Fase B untuk siswa kelas 3-4 menjadi momen krusial dalam memperkenalkan mereka pada keindahan seni dan keberagaman budaya. 

1. Seni Tari

Modul ajar seni tari pada Fase B tidak hanya sekadar mengajarkan gerakan-gerakan dasar, tetapi juga menggali makna budaya di balik setiap tarian. Siswa diajak untuk mengeksplorasi tarian tradisional Indonesia, memahami cerita di balik gerakan, dan bahkan menciptakan tarian sederhana mereka sendiri. Dengan demikian, modul ini tidak hanya menciptakan keterampilan motorik, tetapi juga meningkatkan pemahaman mereka terhadap warisan budaya.

2. Seni Musik

Melalui modul ajar seni musik, siswa diajak untuk mengeksplorasi berbagai jenis alat musik tradisional Indonesia. Mereka belajar mengenal bunyi dan ritme, serta mencoba memainkan alat musik sederhana. Pengenalan terhadap ragam musik dari berbagai daerah memberikan pemahaman mendalam tentang keberagaman budaya Indonesia, sambil meningkatkan apresiasi terhadap seni musik.

Modul Ajar Seni Tari, Musik, Rupa dan Teater Fase B Kelas 3 - 4 SD

3. Seni Teater

Seni teater dalam modul ini tidak hanya terfokus pada pertunjukan, tetapi juga pada pengembangan keterampilan komunikasi dan ekspresi diri. Siswa diajak untuk mengenal berbagai bentuk teater tradisional dan modern, serta berpartisipasi dalam kegiatan peran. Dengan demikian, modul ini tidak hanya merangsang kreativitas tetapi juga mengasah keterampilan interpersonal.

4. Seni Rupa

Modul seni rupa membawa siswa ke dunia imajinasi visual. Mereka belajar tentang teknik menggambar, mewarnai, dan membuat karya seni sederhana. Modul ini juga memperkenalkan mereka pada seniman-seniman Indonesia terkenal, membangun inspirasi dan kebanggaan terhadap seni rupa lokal.

Dengan pendekatan holistik, modul ajar seni dan budaya di Fase B kelas 3 dan 4 tidak hanya menciptakan siswa yang terampil dalam bidang seni, tetapi juga memupuk rasa cinta terhadap warisan budaya Indonesia. 

Penting untuk memastikan bahwa proses pembelajaran ini tidak hanya memenuhi kebutuhan kurikulum tetapi juga memberikan pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat bagi siswa. Dengan demikian, modul ini tidak hanya akan menciptakan generasi yang kreatif dan berbudaya, tetapi juga memperkaya pewarisan nilai-nilai luhur bangsa. 

Pengertian Modul Ajar dalam Konteks Kurikulum Merdeka

Dalam Kurikulum Merdeka, para pendidik dihadapkan pada tanggung jawab untuk merancang rencana pembelajaran yang mampu memandu proses belajar menuju pencapaian Capaian Pembelajaran (CP). Rencana ini diperinci melalui apa yang dikenal sebagai modul ajar. Tetapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan modul ajar dalam konteks Kurikulum Merdeka?

Modul ajar dapat diartikan sebagai instrumen pembelajaran yang menjadi tulang punggung Kurikulum Merdeka, membantu pendidik dalam mengatur jalannya pembelajaran demi mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP). Modul Ajar, dengan segala rinciannya, menjadi peta jalan yang memandu perjalanan pembelajaran dari awal hingga tujuan akhirnya.

Dalam Kurikulum Merdeka, konsep modul ajar diartikan lebih luas sebagai alat, metode, dan pedoman yang dirancang secara sistematis, menjadi implementasi konkret dari alur dan tujuan pembelajaran. Ini muncul sebagai hasil dari pengembangan capaian pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila, yang menjadi sasaran utamanya. Proses penyusunannya juga memperhitungkan fase perkembangan siswa serta materi pembelajaran yang perlu dicapai sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Modul ajar dalam Kurikulum Merdeka tidak hanya mencakup komponen dasar penyusunan pembelajaran, tetapi juga berfungsi sebagai persiapan lengkap sebelum pelaksanaan pembelajaran dimulai. Fleksibilitas modul ini terlihat dari kemampuannya untuk disesuaikan dengan berbagai mata pelajaran dan kebutuhan siswa. Pendidik yang menggunakan modul ajar dapat merasa lega karena komponen-komponen yang terkandung di dalamnya meliputi elemen-elemen dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau bahkan lebih lengkap.

Dengan demikian, modul ajar dalam Kurikulum Merdeka menjadi suatu panduan yang tidak hanya menyediakan struktur pembelajaran yang terorganisir, tetapi juga membebaskan pendidik dari beban penyusunan RPP. Sebaliknya, modul ajar menggambarkan komprehensifnya pemahaman terhadap kebutuhan siswa dan mempermudah pendidik untuk memberikan pengalaman belajar yang berkualitas.

Modul Ajar Seni Tari, Musik, Rupa dan Teater Fase B Kelas 3 - 4 SD Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Fase B Kelas 3 - 4 ini bukan hanya berfungsi sebagai sarana penyampaian dasar-dasar pemahaman tentang Seni Tari, Musik, Rupa dan Teater, tetapi juga sebagai wahana untuk merangsang kreativitas, ekspresi diri, dan apresiasi terhadap seni budaya. berikut link modul ajar untuk kelas 3 - 4 SD semester genap dan ganjil:

1. Modul Ajar Kelas 3 SD Kurikulum Merdeka

2. Modul Ajar Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Dengan adanya Modul Ajar ini, siswa diharapkan dapat mengeksplorasi dan mengembangkan potensi mereka dalam dunia seni tari. 

Baca Juga: 

Modul Ajar Seni Tari, Musik, Rupa dan Teater Fase B Kelas 3 - 4 SD di atas tidak bersifat permanen, jadi bapak ibu guru bisa mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan sekolah.

Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."