Blogger Jateng

Modul Ajar/RPP+ Bahasa Inggris Kelas 2 SD Semester Ganjil & Genap

Nyero.ID - Modul Ajar Bahasa Inggris untuk siswa Sekolah Dasar (SD) Kelas 2 adalah suatu panduan pembelajaran yang dirancang secara khusus untuk memperkenalkan dasar-dasar bahasa Inggris kepada anak-anak usia dini. 

Bahasa Inggris, sebagai bahasa internasional, menjadi jendela bagi siswa untuk mengenal dunia yang lebih luas. Di kelas 2 SD, pembelajaran Bahasa Inggris tidak hanya tentang mengajarkan kosakata dan tata bahasa sederhana, tetapi juga membentuk landasan untuk pemahaman dasar terhadap keberagaman budaya dan pemikiran global. Oleh karena itu, memahami pentingnya pelajaran Bahasa Inggris pada tingkat ini adalah langkah awal untuk merancang modul ajar yang sesuai.

Modul ajar menjadi kunci untuk membawa pendekatan yang terstruktur dan menyenangkan dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas 2 SD. Dengan menyematkan unsur permainan, lagu, dan aktivitas kreatif, guru dapat menciptakan lingkungan yang mendukung minat siswa terhadap bahasa asing. 

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 2 SD Semester Ganjil & Genap

Selain itu modul ajar juga dapat membantu guru dalam menyampaikan materi secara lebih konkret dan mudah dicerna, serta membantu siswa memahami dan mengaplikasikan konsep Bahasa Inggris dengan lebih baik.

Dalam konteks kurikulum merdeka, guru diberikan kebebabasan menyusul modul ajar untuk menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa. Modul ajar dapat disusun dengan pendekatan yang berorientasi pada kebebasan berpikir dan berekspresi, mendukung visi kurikulum merdeka yang menghargai perbedaan dan menekankan kreativitas siswa dalam belajar Bahasa Inggris. 

Komponen Modul Ajar dalam Kurikulum Merdeka

Dalam pengembangan modul ajar Kurikulum Merdeka, terdapat beberapa komponen yang harus diperhatikan agar dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang maksimal. Komponen-komponen tersebut mencakup Identitas Modul, Kompetensi Awal, Profil Pelajar Pancasila, Sarana dan Prasarana, Target Peserta Didik, dan Model Pembelajaran.

1. Identitas Modul

Identitas Modul mencakup informasi penting mengenai modul ajar, seperti nama penyusun, institusi, tahun penyusunan, jenjang sekolah, kelas, dan alokasi waktu. Alokasi waktu disesuaikan dengan jam pelajaran yang berlaku di masing-masing unit kerja.

Kompetensi Awal

Kompetensi Awal merupakan pengetahuan atau keterampilan yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari topik tertentu. Kedalaman modul ajar dinilai dari sejauh mana kompetensi awal diintegrasikan ke dalam desain pembelajaran.

Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila adalah tujuan akhir dari kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan pembentukan karakter peserta didik. Enam dimensi Profil Pelajar Pancasila terintegrasi dalam materi pelajaran, pedagogi, dan kegiatan projek atau asesmen.

Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana mencakup fasilitas dan bahan yang diperlukan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Perhatian khusus diberikan pada ketersediaan materi yang mempertimbangkan kebutuhan peserta didik, termasuk penggunaan teknologi.

Target Peserta Didik

Target peserta didik melibatkan peserta reguler, peserta dengan kesulitan belajar, dan peserta dengan pencapaian tinggi. Desain pembelajaran harus mempertimbangkan gaya belajar, kebutuhan, dan potensi masing-masing peserta.

Model Pembelajaran

Model pembelajaran mencakup sistematis pelaksanaan pembelajaran, seperti tatap muka, pembelajaran daring, pembelajaran luring, dan blended learning.

2. Komponen Inti

Komponen inti terdiri dari tujuan pembelajaran, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, kegiatan pembelajaran, asesmen, pengayaan dan remedial, serta refleksi peserta didik dan guru.

Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran mencerminkan hal-hal penting dan dapat diuji dengan berbagai bentuk asesmen. Tujuan tersebut menentukan kegiatan belajar, sumber daya, kesesuaian dengan keberagaman murid, dan metode asesmen.

Pemahaman Bermakna

Pemahaman bermakna memberikan informasi tentang manfaat yang akan diperoleh peserta didik setelah mengikuti pembelajaran, yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pertanyaan Pemantik

Pertanyaan pemantik ditujukan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis peserta didik, memandu mereka untuk mencapai pemahaman bermakna.

Kegiatan Pembelajaran

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran disusun berurutan sesuai dengan durasi waktu yang direncanakan, melibatkan tahap pendahuluan, inti, dan penutup berbasis metode pembelajaran aktif.

Asesmen

Asesmen digunakan untuk mengukur capaian pembelajaran di akhir kegiatan, meliputi asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif. Bentuk asesmen dapat mencakup sikap, performa, dan asesmen tertulis.

Pengayaan dan Remedial

Pengayaan diberikan pada peserta didik dengan capaian tinggi, sementara remedial ditujukan kepada peserta didik yang membutuhkan bimbingan untuk memahami materi.

Refleksi Peserta Didik dan Guru

Refleksi peserta didik dan guru adalah kegiatan memberikan umpan balik atau penilaian terhadap pembelajaran. Tujuannya adalah untuk mengukur kemampuan mengajar guru dan memberikan kesan, pesan, harapan, dan kritik dengan jujur.

3. Komponen Lampiran

Komponen lampiran mencakup lembar kerja peserta didik, bahan bacaan untuk guru dan peserta didik, glosarium, dan daftar pustaka sebagai sumber referensi.

Lembar Kerja Peserta Didik

Lembar kerja peserta didik ditujukan untuk peserta didik dan dapat diperbanyak sesuai kebutuhan untuk diberikan kepada peserta didik reguler maupun non reguler.

Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik

Bahan bacaan digunakan sebagai pemantik sebelum atau selama kegiatan pembelajaran untuk memperdalam pemahaman materi.

Glosarium

Glosarium berisi kumpulan istilah-istilah dalam bidang tertentu, lengkap dengan definisi dan artinya, memberikan penjelasan lebih mendalam.

Daftar Pustaka

Daftar pustaka mencantumkan semua sumber referensi yang digunakan dalam pengembangan modul ajar, termasuk buku siswa, buku referensi, majalah, koran, situs internet, dan narasumber.

RPP/Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 2 SD Semester Ganjil dan Genap

Modul ini bukan hanya sebagai sarana penyampaian materi bahasa asing, tetapi juga sebagai alat untuk menggugah minat dan motivasi belajar anak-anak sejak usia dini. Pada mata pelajaran Bahasa Inggris SD kelas 2 ada 10 tema utama yaitu:

1. Modul Ajar Bahasa Inggris Semester Ganjil

  • Materi 1: Do you like apple?
  • Materi 2: My Father Likes Watermelon
  • Materi 3: Where is My Pen?
  • Materi 4: How Many Books are there on the Bookshelf?
  • Materi 5: Where is My Pencil?
Link modul ajar bahasa inggris kelas 2 SD semester ganjil (unduh disini)

2. Modul Ajar Bahasa Inggris Semester Genap

  • Materi 6: It is My Family?
  • Materi 7: She is My Sister
  • Materi 8: The elephant is Big
  • Materi 9: The Giraffe is Tall
  • Materi 10: Yummy Fried Chiken
Link modul ajar bahasa inggris kelas 2 SD semester genap (unduh disini)

Dengan pendekatan yang inklusif dan berorientasi pada hasil, modul ini mendukung visi kurikulum Merdeka yang menghargai kebebasan belajar dan mencetak generasi penerus bangsa yang berpengetahuan dan berkompeten secara global.

Baca Juga:

Modul Ajar Bahasa Inggris jenjang SD Kelas 2 di atas tidak bersifat permanen, jadi bapak ibu guru bisa mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan sekolah. 

Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."