Modul Ajar/RPP+ PJOK SD Kelas I Semester Ganjil & Genap Kurikulum Merdeka

Daftar Isi

Nyero.ID - Modul Ajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) untuk siswa Sekolah Dasar (SD) Kelas I adalah suatu panduan pembelajaran yang didesain khusus untuk memperkenalkan konsep dasar aktivitas fisik, olahraga, dan pemahaman tentang kesehatan kepada anak-anak usia dini.

Modul ini disusun dengan memperhatikan tingkat keaktifan dan perkembangan motorik siswa, menyajikan kegiatan yang bersifat menyenangkan dan mengajak partisipasi aktif. Melalui modul ini, siswa dapat mengembangkan keterampilan motorik kasar, memahami pentingnya aktivitas fisik, dan diperkenalkan pada prinsip-prinsip dasar kesehatan. 

Modul ajar yang baik disusun dengan terstruktur melalui pendekatan yang berpusat pada siswa, pemilihan model dan metode pembelajaran yang tepat, media pembelajaran kreatif, hingga strategi pembelajaran efektif

Memperhatikan aspek tersebut akan menghasilkan siswa yang tidak hanya mendapatkan pengetahuan akademik, tapi keterampilan nyata yang dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Pendekatan interaktif dan kolaboratif dalam pembelajaran PJOK pada tingkat dasar bertujuan untuk menciptakan kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat dan menggalang minat anak-anak terhadap kegiatan fisik sejak usia dini.

RPP PJOK SD Kelas I Semester Ganjil & Genap

1. Fondasi Awal Kesehatan dan Kebugaran

Modul Ajar PJOK SD Kelas I memainkan peran penting dalam membentuk fondasi awal kesehatan dan kebugaran anak-anak. Dengan memasukkan konsep-konsep dasar tentang pola makan sehat, pentingnya aktivitas fisik, dan menjaga kebersihan diri, modul ini memberikan dasar penting yang mendukung perkembangan fisik dan mental anak-anak.

2. Pengembangan Keterampilan Motorik Kasar dan Halus

Modul ini dirancang untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus melalui berbagai kegiatan fisik. Anak-anak diajak untuk berpartisipasi dalam berbagai jenis olahraga dan permainan yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga membantu mereka mengasah keterampilan motorik dan koordinasi tubuh.

3. Pendidikan Karakter Melalui Olahraga

Dalam semangat Merdeka, modul ini menempatkan pendidikan karakter sebagai fokus utama. Melalui olahraga dan kegiatan fisik, siswa diajak untuk memahami nilai-nilai seperti kerjasama, kejujuran, dan semangat sportivitas. Modul ini menciptakan ruang untuk pembentukan karakter positif seiring dengan pertumbuhan fisik mereka.

4. Inklusi dan Keterlibatan Semua Siswa

Dalam upaya mendukung inklusivitas, Modul Ajar PJOK SD Kelas I memperhatikan kebutuhan semua siswa. Dengan memberikan variasi aktivitas dan memberikan pilihan yang memadai, modul ini memastikan keterlibatan semua siswa tanpa memandang kemampuan fisik mereka, sehingga menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung.

5. Peningkatan Kesadaran Kesehatan

Modul ini tidak hanya mengajarkan aktivitas fisik, tetapi juga meningkatkan kesadaran kesehatan secara umum. Siswa diajak untuk memahami pentingnya menjaga kebersihan, pola makan sehat, dan tidur yang cukup. Ini tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan mereka saat ini, tetapi juga membentuk kebiasaan hidup sehat di masa depan. 

Mengapa Modul Ajar Sangat Diperlukan

Dalam memulai proses pembelajaran, Modul Ajar menjadi suatu perangkat yang tak terpisahkan. Kurikulum Merdeka menempatkan Modul Ajar sebagai instrumen penting yang membimbing dan menuntun guru selama proses pengajaran.

Modul Ajar dalam konteks Kurikulum Merdeka bukan sekadar alat pengajaran biasa, melainkan sebuah panduan komprehensif yang dirancang secara sistematis untuk mendukung dan memandu seluruh proses pembelajaran.

Sebagai implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran, Modul Ajar diorientasikan pada pengembangan Capaian Pembelajaran dengan fokus pada Profil Pelajar Pancasila.

Komponen-komponen dalam Modul Ajar mencakup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), materi pembelajaran, strategi pembelajaran, dan sistem penilaian, semuanya dirangkai dengan struktur yang terorganisir.

Unsur-unsur pada Modul Ajar terdiri dari informasi umum, komponen inti, dan lampiran, setiap elemen dianggap sebagai pelengkap yang diperlukan sebelum proses pengajaran dimulai.

Penyusunan komponen dalam Modul Ajar harus disesuaikan dengan kebutuhan guru dan spesifik mata pelajaran yang diajarkan. Sebagai contoh, Modul Ajar yang difokuskan pada pengajaran keterampilan menulis cerita pendek akan menyajikan informasi umum tentang proses penulisan.

Tujuan utama Modul Ajar dalam konteks kurikulum merdeka adalah memberikan kerangka kerja komprehensif dan terstruktur kepada guru untuk menyampaikan instruksi dengan efektif.

Modul-modul ini berperan sebagai alternatif yang lebih baik dibanding rencana pelajaran dan silabus konvensional, menyajikan pendekatan pengajaran yang lebih terstruktur dan sesuai standar.

Melalui Modul Ajar, pendidik dapat memastikan bahwa semua konten dan keterampilan yang diperlukan tercakup, serta instruksi disampaikan secara konsisten dan koheren.

Tidak hanya itu, Modul Ajar juga membantu guru menghemat waktu dan tenaga dalam perencanaan pembelajaran, karena menyediakan peta jalan pembelajaran yang siap pakai.

RPP/Modul Ajar PJOK SD Kelas I Semester Ganjil dan Genap

Modul ini bukan hanya menyajikan konsep dasar olahraga dan kesehatan, tetapi juga berfungsi sebagai alat untuk mengembangkan karakter, kedisiplinan, dan semangat kebersamaan sejak usia dini. Pada mata pelajaran PJOK SD kelas 1 ada 7 tema utama yaitu:

1. Modul Ajar Semeseter Ganjil

    • Materi 1: Pola Gerak Dasa Lokomotor  
    • Materi 2: Gerak dasar Non Lokomotor  
    • Materi 3: Pola Gerak Dasar Manipulatif  
    • Materi 4: Aktivitas Senam  
    Link modul Ajar PJOK SD kelas 1 semester ganjil: (Unduh disini)

    2. Modul Ajar Semester Genap

    • Materi 5: Gerak Berirama 
    • Materi 6: Kebugaran Jasmani 
    • Materi 7: Pola Perilaku Hidup Sehat 
    Link modul ajar PJOK SD kelas 1 semester genap: (Unduh disini)

    Dengan adanya Modul Ajar ini, Siswa diharapkan dapat tumbuh sebagai individu yang sehat, aktif, dan berakhlak mulia. Modul ini tidak hanya menjadi panduan bagi kegiatan fisik, tetapi juga sebagai alat untuk membentuk karakter dan membangun dasar kesehatan yang kuat. 

    Baca Juga: 

    Dengan pendekatan yang inklusif dan holistik, modul ini mendukung visi kurikulum Merdeka yang menghargai kebebasan belajar dan mencetak generasi penerus bangsa yang berpotensi dan sehat secara menyeluruh.

    Modul Ajar PJOK jenjang SD Kelas I di atas tidak bersifat permanen, jadi bapak ibu guru bisa mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan sekolah. 

    Muh. Akbar
    Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."