Blogger Jateng

Modul Ajar/RPP+ PJOK SD Kelas 2 Semester Ganjil dan Genap

Nyero.ID - Modul Ajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) untuk siswa Sekolah Dasar (SD) Kelas 2 adalah suatu panduan pembelajaran yang didesain khusus untuk memperkenalkan konsep dasar aktivitas fisik, olahraga, dan pemahaman tentang kesehatan kepada anak-anak usia dini.

Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) tidak hanya sekadar waktu bermain bagi siswa di kelas 2 SD, tetapi juga merupakan aspek penting dalam pembentukan karakter dan kesehatan anak-anak. Di tengah semangat kurikulum merdeka, PJOK memiliki peran krusial dalam melibatkan siswa dalam aktivitas fisik yang menyenangkan, sambil tetap memberikan pemahaman akan pentingnya kesehatan dan kebugaran. 

Di kelas 2, anak-anak mulai memahami pentingnya gerakan fisik dalam menjaga tubuh sehat dan berenergi. Melalui pembelajaran PJOK, mereka tidak hanya diajak untuk bermain, tetapi juga diajar untuk merawat tubuh mereka dengan baik.

Dalam konteks kurikulum merdeka, PJOK menonjolkan konsep kebebasan untuk memilih dan mengembangkan minat serta bakat siswa dalam berbagai jenis aktivitas fisik. Di sinilah modul ajar memegang peranan penting. 

RPP PJOK SD Kelas 2 Semester Ganjil dan Genap

Modul ajar memberikan struktur dan panduan yang dibutuhkan guru untuk merancang pembelajaran yang menyenangkan dan bervariasi. Modul ajar juga memungkinkan guru untuk mengadaptasi pembelajaran sesuai dengan minat siswa, mendukung visi kurikulum merdeka yang menekankan pada kebebasan berekspresi. 

Meningkatkan Pembelajaran dengan Perangkat Ajar dalam Konteks Kurikulum Merdeka 

Perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka merupakan bagian integral dari proses pembelajaran yang dirancang untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP). Dalam konteks ini, perangkat ajar melibatkan berbagai elemen, seperti modul ajar, buku teks, dan modul projek, yang membantu pendidik dan siswa dalam mengoptimalkan pengalaman belajar di kelas.

Buku Teks dalam Kerangka Kurikulum Merdeka

Buku teks, sebagai salah satu perangkat ajar utama, menjadi pijakan dalam pembelajaran pada mata pelajaran tertentu. Pemerintah, dengan tanggung jawabnya, menjamin ketersediaan buku teks pelajaran yang berkualitas, terjangkau, dan merata. Adapun buku teks utama melibatkan buku peserta didik dan buku panduan guru. Fleksibilitas dan kontekstualitas buku teks memberikan opsi cetak dan digital, serta kebebasan untuk disajikan dalam bentuk modular. Evaluasi berkala dilakukan untuk memastikan peningkatan mutu yang berkelanjutan.

Modul Ajar: Penjabaran Alur Tujuan Pembelajaran

Modul ajar hadir sebagai perangkat pembelajaran yang lebih rinci, diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai Profil Pelajar Pancasila dan CP. Dengan mempertimbangkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), modul ajar disusun oleh pendidik dengan fokus pada fase perkembangan peserta didik. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih, memodifikasi, atau bahkan menyusun sendiri modul ajar sesuai dengan karakteristik siswa. Dalam pengembangannya, strategi yang variatif diimplementasikan untuk memastikan kesesuaian dengan kriteria dan prinsip pembelajaran dan asesmen.

Modul Projek: Pembelajaran Berbasis Projek

Modul projek mewakili perangkat ajar yang memandu pelaksanaan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Sebagai konsep pembelajaran berbasis projek (project-based learning), modul ini disusun dengan mempertimbangkan tahap perkembangan peserta didik, tema, dan topik projek. Pilihan untuk memodifikasi atau menyusun modul sendiri memberikan kebebasan kepada satuan pendidikan dan pendidik. Pengembangan modul projek memanfaatkan berbagai strategi agar sesuai dengan kriteria dan prinsip pembelajaran dan asesmen dalam Kurikulum Merdeka.

RPP/Modul Ajar PJOK SD Kelas 2 Semester Ganjil dan Genap

Modul ini bukan hanya menyajikan konsep dasar olahraga dan kesehatan, tetapi juga berfungsi sebagai alat untuk mengembangkan karakter, kedisiplinan, dan semangat kebersamaan sejak usia dini. Pada mata pelajaran PJOK SD kelas 2 ada 8 tema utama yaitu:

1. Modul Ajar Semeseter Ganjil

    • Tema 1: Aktivitas Pola Gerak Dasar Lokomotor 
    • Tema 2: Aktivitas Pola Gerak Dasar Nonlokomotor  
    • Tema 3: Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif  
    • Tema 4: Aktivitas Gerak Dominan Senam  
    Link modul Ajar PJOK SD kelas 2 semester ganjil: (Unduh disini)

    2. Modul Ajar Semester Genap

    • Tema 5: Aktivitas Gerak Berirama 
    • Tema 6: Aktivitas Pengenalan Air  
    • Tema 7: Aktivitas Kebugaran Jasmani yang Berkaitan dengan Kesehatan  
    • Tema 8: Mengenal Bagian-Bagian Tubuh 
    Link modul ajar PJOK SD kelas 2 semester genap: (Unduh disini)

    Dengan adanya Modul Ajar ini, Siswa diharapkan dapat tumbuh sebagai individu yang sehat, aktif, dan berakhlak mulia. Modul ini tidak hanya menjadi panduan bagi kegiatan fisik, tetapi juga sebagai alat untuk membentuk karakter dan membangun dasar kesehatan yang kuat. 

    Dengan pendekatan yang inklusif dan holistik, modul ini mendukung visi kurikulum Merdeka yang menghargai kebebasan belajar dan mencetak generasi penerus bangsa yang berpotensi dan sehat secara menyeluruh.

    Baca Juga:

    Modul Ajar PJOK jenjang SD Kelas 2 di atas tidak bersifat permanen, jadi bapak ibu guru bisa mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan sekolah. 

    Muh. Akbar
    Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."