Modul Ajar/RPP+ Seni Musik SD Kelas I Semester Ganjil & Genap Kurikulum Merdeka

Daftar Isi

Nyero.ID - Modul Ajar Seni Musik untuk siswa Sekolah Dasar (SD) Kelas I adalah suatu panduan pembelajaran yang dirancang khusus untuk memperkenalkan anak-anak pada dasar-dasar seni musik. Modul ini disusun dengan memperhatikan tahap perkembangan anak di usia dini, menyediakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif. 

Bertujuan untuk mengembangkan apresiasi terhadap seni musik dan memahami unsur-unsur dasar seperti ritme, melodi, dan dinamika, modul ini memberikan kegiatan yang melibatkan mendengarkan, bernyanyi, dan bereksplorasi dengan alat musik sederhana.

Selain itu, modul ini juga dapat membantu membangun keterampilan sosial dan kolaboratif melalui kegiatan musik bersama, menciptakan dasar yang positif untuk pengenalan anak-anak terhadap keindahan dan kekayaan seni musik.

Rpp Seni Musik SD Kelas I Semester Ganjil & Genap

1. Pengenalan Awal Terhadap Dunia Musik

Modul Ajar Seni Musik SD Kelas I di kurikulum Merdeka menjadi langkah awal dalam memperkenalkan siswa pada dunia musik. Materi disusun dengan pendekatan yang sesuai dengan usia mereka, memberikan pemahaman dasar tentang elemen-elemen musik seperti ritme, melodi, dan dinamika. Hal ini membantu membentuk fondasi yang kuat untuk pemahaman lebih lanjut di tingkat selanjutnya.

2. Pengembangan Kreativitas dan Ekspresi Diri

Modul ini dirancang untuk mengembangkan kreativitas dan ekspresi diri siswa melalui seni musik. Melalui kegiatan bernyanyi, bermain alat musik sederhana, dan eksplorasi bunyi, siswa diberi kesempatan untuk mengeksplorasi dan mengungkapkan kreativitas mereka secara bebas. Hal ini menciptakan lingkungan yang merangsang perkembangan bakat dan minat mereka dalam seni musik.

3. Pemberdayaan Guru sebagai Fasilitator Kreativitas

Modul ini juga memberdayakan guru sebagai fasilitator kreativitas. Dengan menyediakan panduan pengajaran yang fleksibel dan ide-ide kreatif, modul ini mendukung guru dalam menciptakan pengalaman musik yang menarik dan bermakna. Guru dapat mengadaptasi materi sesuai dengan karakteristik kelas dan memberikan ruang bagi siswa untuk berkembang sesuai dengan keunikan masing-masing.

4. Integrasi Nilai Budaya dalam Seni Musik

Dalam semangat keberagaman dan kebangsaan, modul ini mengintegrasikan nilai budaya dalam pembelajaran seni musik. Melalui eksplorasi alat musik tradisional dan lagu-lagu daerah, siswa tidak hanya memahami keindahan musik secara universal, tetapi juga memperkaya rasa nasionalisme dan rasa cinta terhadap warisan budaya Indonesia.

5. Peningkatan Kemampuan Mendengar dan Berbicara

Modul Ajar Seni Musik SD Kelas I juga memberikan kontribusi pada peningkatan kemampuan mendengar dan berbicara siswa. Melalui kegiatan mendengarkan dan merespons musik, siswa dapat mengembangkan kepekaan auditori dan meningkatkan kemampuan berbicara mereka melalui berbagai bentuk ekspresi. 

Pentingnya Perangkat Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum Merdeka

Perangkat pembelajaran, sebagai elemen integral dalam Kurikulum Merdeka, merujuk pada beragam bahan, alat, media, petunjuk, dan pedoman yang membantu proses pembelajaran di kelas. Dalam kerangka ini, perangkat ajar memainkan peran penting dalam mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP). Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, guru menggunakan sejumlah perangkat ajar seperti buku teks, modul ajar, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

a. Buku Teks: Fondasi Pembelajaran yang Berkualitas dan Merata

Buku teks merupakan perangkat ajar berupa panduan pelajaran pada mata pelajaran tertentu. Pemerintah memiliki tanggung jawab untuk menyediakan buku teks yang bermutu, terjangkau, dan merata. Ada dua jenis buku teks, yakni buku teks utama dan buku teks pendamping. Buku teks utama diberikan oleh pemerintah tanpa biaya kepada peserta didik, sedangkan buku teks pendamping menjadi panduan bagi guru. Fleksibilitas buku teks utama, baik dalam bentuk cetak maupun digital, menjadi kunci untuk peningkatan mutu secara berkelanjutan.

b. Modul Ajar: Menyesuaikan Pembelajaran dengan Karakteristik Peserta Didik

Modul ajar merupakan bentuk perangkat ajar yang digunakan untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila dan CP. Modul ajar ini menguraikan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan disesuaikan dengan fase perkembangan peserta didik. Guru memiliki kebebasan untuk memilih, memodifikasi, atau menyusun sendiri modul ajar sesuai dengan karakteristik peserta didik. Pengembangan modul ajar harus memenuhi kriteria yang ditetapkan dan memastikan aktivitas pembelajaran sesuai dengan prinsip pembelajaran dan asesmen.

c. Modul Projek: Pembelajaran Berbasis Projek untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Modul projek menjadi perangkat ajar yang mengarahkan pelaksanaan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Ini mencerminkan konsep pembelajaran berbasis projek. Modul projek disusun dengan mempertimbangkan fase perkembangan peserta didik, tema, dan topik projek. Dalam konteks Kurikulum Merdeka, satuan pendidikan dan pendidik memiliki kebebasan untuk memilih, memodifikasi, atau menyusun modul projek sendiri. Pentingnya memastikan bahwa modul projek memenuhi kriteria yang telah ditetapkan dan aktivitas dalam modul sesuai dengan prinsip pembelajaran dan asesmen.

Dengan demikian, perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka menjadi pondasi kuat dalam memberikan pengalaman pembelajaran yang berkesinambungan, relevan, dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Rpp/Modul Ajar Seni Musik SD Kelas I Semester Ganjil dan Genap

Pengembangan Modul Ajar Seni Musik untuk siswa Sekolah Dasar (SD) Kelas I menjadi sebuah langkah kreatif dan penting. Modul ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana pengenalan dunia musik, tetapi juga sebagai alat untuk mengembangkan kreativitas, ekspresi diri, dan apresiasi terhadap seni. 

Pada mata pelajaran Seni Musik SD kelas 1 ada 4 tema utama yaitu:

1. Modul Ajar Semeseter Ganjil

  • Bab 1: Bermain dan Bernyanyi 
  • Bab 2: Tepuk Tangan dan Entakan Kakimu
Link modul ajar Seni Musik SD kelas 1 semester ganjil (unduh disini)

2. Modul Ajar Semester Genap

  • Bab 3: Dengarkan dan Bunyikan 
  • Bab 4: Mari Barmain Musik
Link modul ajar Seni Musik SD kelas 1 semester genap (unduh disini)

Dengan adanya modul ini, siswa diharapkan dapat mengeksplorasi dan mengembangkan potensi mereka dalam dunia seni musik. Modul ini tidak hanya menjadi alat untuk memahami dasar-dasar musik, tetapi juga sebagai wahana untuk mengembangkan kreativitas, ekspresi diri, dan apresiasi terhadap seni. 

Baca Juga:

Dengan pendekatan yang inklusif dan mendukung, modul ini mendukung visi kurikulum Merdeka yang menghargai kebebasan belajar dan mencetak generasi penerus bangsa yang kreatif dan berbakat dalam seni musik.

Modul Ajar Seni Musik jenjang SD Kelas I di atas tidak bersifat permanen, jadi bapak ibu guru bisa mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan sekolah. 

Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."