Blogger Jateng

Modul Ajar/RPP+ Seni Rupa SD Kelas I Semester Ganjil & Genap

Nyero.ID - Modul Ajar Seni Rupa untuk siswa Sekolah Dasar (SD) Kelas I merupakan suatu panduan pembelajaran yang didesain khusus untuk memperkenalkan konsep dasar seni visual kepada anak-anak usia dini. Modul ini disusun dengan mempertimbangkan tingkat perkembangan kognitif anak, menawarkan kegiatan yang mengajarkan unsur-unsur seperti warna, bentuk, dan garis dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. 

Bertujuan untuk merangsang kreativitas dan imajinasi, modul ini memberikan pengalaman seni yang menyenangkan, memungkinkan siswa untuk berekspresi secara bebas melalui kegiatan menggambar, mewarnai, dan membuat karya seni sederhana. 

Selain mengembangkan keterampilan motorik halus, modul ini juga bertujuan untuk memperkenalkan nilai-nilai budaya melalui penggunaan tema lokal dan tradisional, menciptakan dasar yang kuat untuk apresiasi seni rupa dan pengembangan bakat artistik pada tingkat dasar.

Modul Ajar Seni Rupa SD Kelas I Semester Ganjil & Genap

1. Pengenalan Awal Terhadap Dunia Seni Rupa

Modul Ajar Seni Rupa SD Kelas I di kurikulum Merdeka menandai langkah awal dalam memperkenalkan siswa pada dunia seni rupa. Materi disusun dengan pendekatan yang sesuai dengan perkembangan kognitif anak-anak, memberikan pemahaman dasar tentang unsur-unsur seni rupa seperti warna, garis, dan bentuk. Hal ini membentuk fondasi yang kuat untuk pemahaman lebih lanjut di tingkat selanjutnya.

2. Pengembangan Kreativitas dan Imajinasi

Modul ini dirancang untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi siswa melalui seni rupa. Melalui kegiatan menggambar, mewarnai, dan berkreasi dengan berbagai materi, siswa diberi kesempatan untuk mengekspresikan ide dan perasaan mereka secara bebas. Ini menciptakan lingkungan yang merangsang perkembangan bakat dan minat mereka dalam seni rupa.

3. Pemberdayaan Guru sebagai Fasilitator Kreativitas

Modul Ajar Seni Rupa juga memberdayakan guru sebagai fasilitator kreativitas. Dengan menyediakan panduan pengajaran yang memungkinkan variasi dan kebebasan dalam mengekspresikan ide, modul ini mendukung guru dalam menciptakan pengalaman seni rupa yang menarik dan bermakna. Guru dapat membimbing siswa tanpa membatasi kreativitas mereka, membiarkan mereka mengeksplorasi dan mengembangkan bakat seni masing-masing.

4. Integrasi Nilai Budaya dalam Seni Rupa

Dalam semangat keberagaman dan kebangsaan, modul ini mengintegrasikan nilai budaya dalam pembelajaran seni rupa. Melalui eksplorasi tema-tema lokal dan nilai-nilai kearifan lokal, siswa tidak hanya memahami keindahan seni secara universal, tetapi juga merasakan kekayaan budaya Indonesia dan memperkuat rasa cinta terhadap warisan budaya.

5. Peningkatan Keterampilan Motorik Halus

Modul Ajar Seni Rupa SD Kelas I juga memberikan kontribusi pada peningkatan keterampilan motorik halus siswa. Melalui kegiatan yang melibatkan penggunaan alat gambar, mewarnai, dan membuat bentuk-bentuk sederhana, siswa dapat mengasah keterampilan motorik halus mereka secara alami.

Perencanaan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

Dalam ranah Kurikulum Merdeka, rencana pembelajaran menjadi aspek krusial yang mendukung pencapaian Capaian Pembelajaran (CP). Perangkat yang menyalurkan rencana ini disebut modul ajar. Namun, apa sebenarnya modul ajar dalam konteks kurikulum Merdeka?

Modul ajar adalah alat pembelajaran Kurikulum Merdeka yang digunakan oleh pendidik untuk menjalankan proses pembelajaran, dengan tujuan mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP). Dalam esensinya, modul ajar adalah pengembangan terperinci dari jalur tujuan pembelajaran.

Dalam Kurikulum Merdeka, konsep modul ajar tidak sekadar diartikan sebagai pedoman; ia juga berfungsi sebagai sarana dan metode yang dirancang secara sistematis. Modul ajar merupakan implementasi dari alur dan tujuan pelaksanaan pembelajaran, yang merupakan hasil dari pengembangan capaian pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila sebagai target utama.

Proses penyusunan modul ajar dalam Kurikulum Merdeka melibatkan penyesuaian dengan fase perkembangan siswa dan materi pembelajaran yang diinginkan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dengan demikian, modul ajar tidak hanya menjadi panduan, tetapi juga responsif terhadap kebutuhan khusus dan perkembangan peserta didik.

Dalam pengembangannya, modul ajar memerlukan komponen-komponen dasar yang menjadi landasan pelaksanaan. Keberagaman mata pelajaran dan kebutuhan siswa dapat diakomodasi melalui penyesuaian komponen dalam modul ajar. Kelebihan utama modul ajar adalah penggantian RPP, sehingga pendidik tidak perlu lagi menyusunnya secara terpisah, karena komprehensifnya modul ajar mencakup seluruh elemen RPP bahkan lebih. 

RPP/Modul Ajar Seni Rupa SD Kelas I Semester Ganjil dan Genap

Modul ini tidak hanya berperan sebagai alat pengenalan prinsip seni rupa, tetapi juga sebagai sarana untuk merangsang imajinasi, pemahaman bentuk, dan pengembangan keterampilan seni pada tingkat usia dini. Pada mata pelajaran Seni Rupa SD kelas 1 ada 20 tema utama yaitu:

1. Modul Ajar Semester Ganjil

  • Materi 1: Seni Disekitarku
  • Materi 2 : Aneka Garis
  • Materi 3 : Garis yang Menunjukkan Gerakan
  • Materi 4 : Garis Membuat Bentuk
  • Materi 5 : Membuat Bentuk dengan Potong & Tempel
  • Materi 6 : Bentuk dalam Topeng
  • Materi 7 : Warna, Garis dan Bentuk
  • Materi 8 : Bentuk yang Berulang
  • Materi 9 : Bentuk Huruf
  • Materi 10 : Bentuk Besar Kecil dalam Arsitektur
  • Materi 11 : Membuat Model Bangunan
Link modul ajar seni rupa SD kelas 1 semester ganjil (unduh disini)

2. Modul Ajar Semester Genap

  • Materi 12 : Membuat Model Kotak
  • Materi 13 : Lebih Jauh Tentang Garis
  • Materi 14 : Tekstur dan Pola
  • Materi 15 : Bentuk Pada Wajah
  • Materi 16 : Observasi Hewan dan Tanaman
  • Materi 17 : Warna Primer dan Warna Sekunder
  • Materi 18 : Membuat Campuran Warna Gelap dan Warna Terang
  • Materi 19 : Keindahan Dedaunan
  • Materi 20 : Temukan Inspirasi Karya Senimu

Link modul ajar seni rupa SD kelas 1 semester genap (unduh disini)

Dengan adanya Modul Ajar ini, siswa diharapkan dapat mengeksplorasi dan mengembangkan potensi mereka dalam dunia seni rupa. 

Modul ini bukan hanya menjadi alat untuk memahami dasar-dasar seni rupa, tetapi juga sebagai wahana untuk mengembangkan kreativitas, imajinasi, dan apresiasi terhadap seni. 

Baca Juga: 

Dengan pendekatan yang inklusif dan mendukung, modul ini mendukung visi kurikulum Merdeka yang menghargai kebebasan belajar dan mencetak generasi penerus bangsa yang kreatif dan berbakat dalam seni rupa.

Modul Ajar Seni Rupa jenjang SD Kelas I di atas tidak bersifat permanen, jadi bapak ibu guru bisa mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan sekolah. 

Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."