Modul Ajar/RPP+ Seni Tari SD Kelas I Semester Ganjil & Genap Kurikulum Merdeka

Daftar Isi

Nyero.ID - Modul Ajar Seni Tari untuk siswa Sekolah Dasar (SD) Kelas I merupakan suatu panduan pembelajaran yang secara khusus dirancang untuk memperkenalkan anak-anak pada dunia seni tari.

Modul ini didesain dengan mempertimbangkan tingkat perkembangan anak usia dini, menawarkan pengalaman yang interaktif dan kreatif dalam mempelajari gerakan tari, ritme, dan ekspresi tubuh.

 Dengan menekankan pengembangan kreativitas, imajinasi, dan keterampilan motorik halus, modul ini bertujuan untuk memberikan fondasi yang positif bagi pengenalan anak-anak terhadap seni tari. 

Melalui tujuan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas I SD, modul ini tidak hanya mengajarkan keterampilan dasar seni tari, tetapi juga merangsang apresiasi terhadap keindahan gerakan dan warisan budaya melalui kegiatan yang menyenangkan dan mendidik.

Modul Ajar Seni Tari SD Kelas I Semester Ganjil & Genap

Modul ajar yang baik disusun dengan terstruktur melalui pendekatan yang berpusat pada siswa, pemilihan model dan metode pembelajaran yang tepat, media pembelajaran kreatif, hingga strategi pembelajaran efektif

Memperhatikan aspek tersebut akan menghasilkan siswa yang tidak hanya mendapatkan pengetahuan akademik, tapi keterampilan nyata yang dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. 

1. Pengenalan Awal Terhadap Dunia Seni Tari

Modul Ajar Seni Tari SD Kelas I di kurikulum Merdeka menjadi langkah awal dalam memperkenalkan siswa pada dunia seni tari. Materi disusun dengan pendekatan yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak-anak, memberikan pemahaman dasar tentang gerakan tari, ritme, dan keindahan ekspresi tubuh. Ini membentuk fondasi yang kuat untuk pemahaman lebih lanjut di tingkat selanjutnya.

2. Pengembangan Kreativitas dan Ekspresi Diri

Modul ini dirancang untuk mengembangkan kreativitas dan ekspresi diri siswa melalui seni tari. Melalui kegiatan gerak, pengekspresian emosi, dan bermain peran, siswa diberi kesempatan untuk mengekspresikan diri mereka sendiri secara bebas. Ini menciptakan lingkungan yang merangsang perkembangan bakat dan minat mereka dalam seni tari.

3. Pemberdayaan Guru sebagai Fasilitator Kreativitas

Modul Ajar Seni Tari juga memberdayakan guru sebagai fasilitator kreativitas. Dengan menyediakan panduan pengajaran yang memungkinkan variasi dan kebebasan dalam mengekspresikan ide, modul ini mendukung guru dalam menciptakan pengalaman tari yang menarik dan bermakna. Guru dapat membimbing siswa tanpa membatasi kreativitas mereka, membiarkan mereka mengeksplorasi dan mengembangkan bakat tari masing-masing.

4. Integrasi Nilai Budaya dalam Seni Tari

Dalam semangat keberagaman dan kebangsaan, modul ini mengintegrasikan nilai budaya dalam pembelajaran seni tari. Melalui eksplorasi tarian tradisional dan tema-tema lokal, siswa tidak hanya memahami keindahan seni tari secara universal, tetapi juga merasakan kekayaan budaya Indonesia dan memperkaya rasa cinta terhadap warisan budaya.

5. Peningkatan Keterampilan Sosial dan Kolaboratif

Modul Ajar Seni Tari SD Kelas I juga memberikan kontribusi pada peningkatan keterampilan sosial dan kolaboratif siswa. Melalui kegiatan berkelompok, siswa dapat belajar bekerja sama, berkomunikasi, dan memahami pentingnya harmoni dalam gerakan tari. Hal ini juga menciptakan rasa kebersamaan di antara siswa. 

Transformasi Pendekatan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

Modul ajar, sebagai satu kesatuan bahan pembelajaran, menjadi landasan penting dalam pengembangan Kurikulum Merdeka. Pengertian umum modul adalah sebuah instrumen pembelajaran yang memungkinkan peserta didik belajar secara mandiri. Dalam modul ajar, tersusun komponen dan petunjuk yang memandu peserta didik secara sistematis, memungkinkan mereka untuk mengikuti pembelajaran tanpa campur tangan guru secara langsung. Dengan pendekatan yang terstruktur dan menarik, modul ajar mencakup materi, metode, dan evaluasi sehingga peserta didik dapat mencapai kompetensi yang diharapkan.

Pada tahun 2022, modul ajar hadir sebagai inovasi yang signifikan. Fungsinya melibatkan penggantian peran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Silabus yang sebelumnya harus disusun oleh guru. Modul ajar ini mengintegrasikan komponen RPP dan Silabus, serta unsur-unsur tambahan lainnya.

Seperti RPP, modul ajar dilengkapi dengan beragam materi pembelajaran, lembar aktivitas siswa, dan asesmen yang diperlukan dalam satu unit atau topik. Dengan demikian, modul ajar menjadi alat yang efektif untuk memastikan pencapaian tujuan pembelajaran oleh siswa.

Keunggulan utama modul ajar terletak pada kemampuannya untuk menggantikan peran RPP dan Silabus secara terintegrasi. Guru tidak lagi perlu menyusun RPP dan Silabus secara terpisah, cukup dengan menyusun modul ajar. Fleksibilitasnya memungkinkan pendidik untuk melakukan modifikasi atau membuat modul ajar sesuai kebutuhan siswa. Selain itu, guru dapat mengadopsi modul ajar yang telah disiapkan oleh satuan Pendidikan setempat.

Dalam modul ajar, komponen-komponen inti RPP, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (asesmen), tetap menjadi unsur kunci. Komponen-komponen lainnya bersifat pelengkap, memperkaya pengalaman pembelajaran tanpa membebani proses perencanaan guru. Hal ini sejalan dengan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Kemunculan kurikulum merdek juga membawa istilah-istilah baru dalam penyusunan modul ajar, seperti capaian pembelajaran, profil pelajar Pancasila, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, dan bahan bacaan guru serta peserta didik. Istilah-istilah ini memberikan dimensi baru dan mendalam pada pembelajaran, mencerminkan perubahan signifikan dalam pendekatan kurikulum yang lebih holistik.

Dengan demikian, modul ajar dalam konteks Kurikulum Merdeka bukan hanya menjadi alat praktis dan efisien dalam perencanaan pembelajaran, tetapi juga mencerminkan transformasi pendekatan pembelajaran yang lebih dinamis dan sesuai dengan tuntutan perkembangan pendidikan.

RPP/Modul Ajar Seni Tari SD Kelas I Semester Ganjil dan Genap

Modul ini bukan hanya berfungsi sebagai sarana penyampaian dasar-dasar gerakan tari, tetapi juga sebagai wahana untuk merangsang kreativitas, ekspresi diri, dan apresiasi terhadap seni budaya. Pada mata pelajaran Seni Tari SD kelas 1 ada 4 judul bab yaitu:

1. Modul Ajar Semester Ganjil

  • Bab 1: Koordinasi Gerak
  • Bab 2: Ruang Gerak dalam Tari
Link download modul ajar Seni Tari SD kelas 1 semester ganjil (unduh disini)
  • Bab 3: Waktu dalam Gerak Tari
  • Bab 4: Tenaga dalam Gerak Tari

Link modul ajar ajar Seni Tari SD kelas 1 semester genap (unduh disini)

Dengan adanya Modul Ajar ini, siswa diharapkan dapat mengeksplorasi dan mengembangkan potensi mereka dalam dunia seni tari. 

Modul ini tidak hanya menjadi alat untuk memahami dasar-dasar seni tari, tetapi juga sebagai wahana untuk mengembangkan kreativitas, ekspresi diri, dan apresiasi terhadap seni budaya. 

Baca Juga:

Dengan pendekatan yang inklusif dan mendukung, modul ini mendukung visi kurikulum Merdeka yang menghargai kebebasan belajar dan mencetak generasi penerus bangsa yang kreatif dan berbakat dalam seni tari.

Modul Ajar Seni Tari jenjang SD Kelas I di atas tidak bersifat permanen, jadi bapak ibu guru bisa mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan sekolah.

Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."