Blogger Jateng

Buku IPS Kelas 10, 11, dan 12 SMA/MA Kurikulum Merdeka untuk Guru & Siswa!

Nyero.ID - Kurikulum Merdeka menciptakan gebrakan baru dalam dunia pendidikan Indonesia, dan salah satu elemen integral yang turut serta dalam transformasi ini adalah buku IPS kelas 10, 11, dan 12 SMA/MA. Dengan pemberdayaan siswa dan penekanan pada pengembangan keterampilan, buku ini diharapkan dapat memberikan perubahan signifikan dalam cara siswa memahami dan mengaplikasikan pengetahuan.

Struktur buku ini telah dirancang dengan matang, memastikan penyampaian kurikulum secara logis dan terkait erat. Pengaturan setiap bab dengan cermat memungkinkan siswa untuk mengembangkan pemahaman secara bertahap, membangun fondasi yang kokoh dalam proses pembelajaran.

Kurikulum Merdeka menyoroti pendekatan interaktif, dan buku IPS Fase E dan F memberikan implementasi yang konsisten terhadap konsep ini. Dipenuhi dengan studi kasus, aktivitas praktis, dan pertanyaan reflektif, buku ini mengundang siswa untuk aktif berpartisipasi dalam proses belajar, meningkatkan keterlibatan mereka dengan materi.

Buku IPS Kelas 10, 11, dan 12 Kurikulum Merdeka untuk Guru & Siswa!

Materi buku mencakup berbagai topik, mulai dari sejarah bangsa hingga isu-isu kontemporer. Dengan demikian, siswa tidak hanya memahami akar sejarah negara mereka, tetapi juga dapat menghubungkannya dengan realitas saat ini, menciptakan keterkaitan yang bermakna.

Keistimewaan buku IPS kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA Kurikulum Merdeka terletak pada integrasinya dengan mata pelajaran lainnya. Konsep ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk melihat hubungan antarbidang pengetahuan, membentuk pandangan holistik tentang dunia dan memahami kompleksitasnya.

Sistem evaluasi dalam buku ini tidak hanya didasarkan pada penguasaan fakta semata, melainkan juga mempertimbangkan kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan dalam situasi nyata. Hal ini merangsang pengembangan kompetensi lebih luas, sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka.

Dengan fokus pada pemberdayaan siswa, buku IPS SMA Kurikulum Merdeka bukan hanya bertujuan menyampaikan pengetahuan, tetapi juga membentuk pemikiran kritis dan pandangan global. Harapannya, siswa akan menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat, menerapkan pemahaman mereka untuk meningkatkan kondisi di sekitarnya.

Meskipun tantangan muncul dalam implementasi Kurikulum Merdeka, harapannya besar. Melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran merupakan kunci untuk menciptakan generasi yang siap menghadapi kompleksitas dunia. 

Buku IPS kelas 10, 11 dan 12 dalam Kerangka Kurikulum Merdeka adalah langkah besar menuju pendidikan yang lebih baik, dengan struktur yang terencana, materi yang relevan, dan pendekatan interaktif, menciptakan visi pendidikan yang dinamis dan sesuai dengan tuntutan masa depan.  

Manfaat Mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Konteks Kurikulum Merdeka

Mempelajari mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam Kurikulum Merdeka menghadirkan manfaat yang jauh lebih luas daripada sekadar pemahaman terhadap fakta-fakta sejarah dan fenomena sosial. Manfaat ini tidak hanya mencakup aspek pribadi, tetapi juga merambah ke dimensi intelektual dan keterlibatan siswa dalam masyarakat.  

Studi dalam bidang IPS memberikan siswa kesempatan untuk menjelajahi lebih dalam tentang masyarakat dan kebudayaan. Mereka tidak hanya belajar tentang nilai-nilai dan norma, tetapi juga memahami perubahan yang terjadi sepanjang waktu. Ini membantu membentuk pemahaman mereka terhadap kompleksitas struktur sosial dan dinamika kehidupan manusia.

Pembelajaran IPS mendorong siswa untuk mengembangkan kemampuan pemikiran kritis dan analitis. Dengan dipaparkan pada berbagai sudut pandang, siswa dapat menilai informasi, menyusun argumen, dan melihat situasi dari perspektif yang berbeda. Kemampuan ini tidak hanya bernilai dalam konteks akademis, tetapi juga membekali siswa dengan keterampilan yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Pelajaran IPS tidak berdiri sendiri; ia terintegrasi dengan berbagai disiplin ilmu seperti sejarah, geografi, dan ekonomi. Integrasi ini menciptakan keterkaitan antarmata pelajaran, membantu siswa memahami bagaimana pengetahuan dari berbagai bidang saling berhubungan, membentuk pemahaman holistik yang kaya.

Selain menyajikan fakta-fakta, Mata Pelajaran IPS juga menekankan pengaplikasian pengetahuan dalam kehidupan nyata. Siswa didorong untuk mengaplikasikan konsep-konsep yang dipelajari dalam memecahkan masalah sehari-hari, menjadikan ilmu yang diperoleh relevan dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Pembelajaran tidak hanya mengembangkan pemahaman terhadap dinamika sosial, komunikasi, dan interaksi manusia, tetapi juga merangsang pengembangan keterampilan sosial. Siswa diajak untuk mengasah kemampuan seperti empati, kerjasama, dan pemahaman terhadap perbedaan budaya.

Mata pelajaran IPS memberikan landasan bagi siswa untuk memahami peran mereka sebagai warga negara yang aktif. Mereka tidak hanya diajak untuk mengenal hak dan kewajiban mereka, tetapi juga didorong untuk terlibat aktif dalam proses pembangunan masyarakat, menjadi agen perubahan positif di tengah kompleksitas tuntutan masyarakat modern.

Buku Siswa dan Guru Ilmu Pengetahuan Sosial SMA/MA kelas 10, 11, dan Fase E & F Kurikulum Merdeka

Dalam konteks pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), dua jenis buku kunci yang memegang peran penting adalah "Buku Siswa: Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMA" dan "Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMA." 

Kedua buku ini memiliki peran yang saling melengkapi, di mana buku siswa ditujukan untuk mendukung proses pembelajaran siswa, sementara buku panduan guru menyediakan arahan dan bimbingan bagi pengajar. 

Buku-buku ini disediakan secara gratis dalam website resmi Kemendikbud, jadi anda bisa mendowloadnya langsung.  

Mata Pelajaran IPS SMA Fase E & F Kurikulum Merdeka

  • Buku Siswa Kelas X [buka disini
  • Buku Guru Kelas X [buka disini]
  • Buku Siswa Kelas XI [belum tersedia]
  • Buku Guru Kelas XI [belum tersedia]
  • Buku Siswa Kelas XII [belum tersedia]
  • Buku Guru Kelas XII [belum tersedia]

Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."