Blogger Jateng

9 Contoh Aksi Nyata "Merdeka Belajar" & Cara Membuatnya!

Nyero.ID - Pendidikan di era sekarang mengharuskan guru untuk aktif dalam pelatihan mandiri, termasuk mengimplementasikan konsep "Merdeka Belajar". Salah satu langkah konkret yang dapat diambil adalah melalui laporan dan ringkasan hasil pelatihan mandiri melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Setelah menyelesaikan satu topik dalam pelatihan mandiri "Merdeka Belajar", guru diharapkan mengunggah Aksi Nyata sebagai bukti implementasi teori dan pemahaman yang telah diperoleh. Perlu dicatat bahwa Aksi Nyata hanya dapat dilakukan setelah guru menyelesaikan suatu topik pelatihan mandiri, termasuk menyelesaikan post-test terkait topik tersebut.

Tidak semua topik Aksi Nyata harus dikerjakan oleh guru. Hanya satu topik yang dipilih dari beberapa opsi yang disediakan. Topik-topik tersebut melibatkan aktivitas seperti "Refleksi Peran sebagai Pendidik dengan Metode Papan Cerita Reflektif", "Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar", "Menggambarkan Sosok Guru di Masa Sekolah", "Demonstrasi Pemahaman melalui Karya", dan "Refleksi Peran sebagai Pendidik dengan Metode 6 Topi".

Contoh dan cara membuat aksi nyata merdeka belajar

Setiap topik memiliki ketentuan pengisian sendiri. Sebagai contoh, topik "Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar" mengharuskan guru untuk menjelaskan pemahaman terkait tema kepada sasaran yang tepat dan mendokumentasikan proses penyampaian itu, termasuk meminta umpan balik dari peserta didik atau objek aksi.

Apa Itu Aksi Nyata dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM)?

Aksi Nyata menjadi tahapan terakhir dalam menyelesaikan satu topik Pelatihan Mandiri. Selain itu, Aksi Nyata juga merupakan bentuk implementasi praktis dari pemahaman yang telah diperoleh selama Pelatihan Mandiri terkait dengan topik yang telah dipelajari. Melalui Aksi Nyata, Anda memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan teori yang telah dipelajari, menjelaskan pemahaman konsep, dan menunjukkan penguasaan materi secara konkret.

Setelah berhasil menyelesaikan satu topik Pelatihan Mandiri dan Aksi Nyata yang telah lulus validasi, peserta berhak menerima sertifikat dengan nilai sekitar 30 JP (Jam Pelajaran). Penting untuk dicatat bahwa perhitungan angka kredit yang terdapat dalam sertifikat Pelatihan Mandiri tidak mengikuti aturan standar pelatihan luring yang biasanya satu hari setara dengan 8 JP. Pelatihan Mandiri berlangsung secara daring, memungkinkan peserta untuk belajar secara mandiri dengan waktu dan tempat yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing guru.

Sebagai hasilnya, angka kredit yang diberikan melalui sertifikat Pelatihan Mandiri sedikit berbeda dari pelatihan luring yang umumnya diikuti oleh para guru. Hal ini menunjukkan fleksibilitas Pelatihan Mandiri dalam memberikan pengakuan terhadap usaha dan pencapaian peserta di dunia pendidikan daring.

Langkah-Langkah dalam Mengerjakan Aksi Nyata

Tahapan Melaksanakan Aksi Nyata Merdeka Belajar

Berdasarkan informasi dari Pusat Informasi Guru Kemdikbud, terdapat beberapa tahapan dalam melakukan Aksi Nyata. Berikut adalah alurnya secara garis besar:

  1. Menyelesaikan modul dan post-test dari pelatihan mandiri.
  2. Memilih salah satu Aksi Nyata yang telah disiapkan untuk menentukan kegiatan berikutnya.
  3. Mempraktikkan Aksi Nyata sesuai ketentuan, baik secara teori maupun di lapangan.
  4. Menuangkan hasil Aksi Nyata lewat dokumen tertulis berformat PDF dengan ukuran maksimal 10 MB, mengikuti panduan seperti aktivitas sesuai topik, mengunggah dokumentasi saat melakukan Aksi Nyata, dan menyampaikan buah pikiran pribadi tanpa plagiasi.
  5. Mengunggah lembar Aksi Nyata ke Platform Merdeka Mengajar sebagai bukti penyelesaian Aksi Nyata.

Cara Membuat Aksi Nyata Merdeka Belajar

Cara membuat Aksi Nyata dalam konteks Merdeka Belajar melibatkan beberapa langkah yang perlu diikuti dengan teliti. Berikut adalah panduan langkah-demi-langkah untuk membuat Aksi Nyata Merdeka Belajar: 

  1. Klik "Pilih Aksi Nyata" di platform Merdeka Mengajar.
  2. Pilih salah satu topik Aksi Nyata.
  3. Setelah memilih, klik "Selanjutnya".
  4. Lakukan Aksi Nyata sesuai instruksi.
  5. Tuangkan hasil kegiatan dalam dokumen tertulis dalam format PDF (maksimal 10 MB).
  6. Klik "Mulai Lengkapi" di Kolom Aksi Nyata Merdeka Mengajar.
  7. Isi lembar Aksi Nyata, termasuk judul, cerita Aksi Nyata, pembelajaran yang didapatkan, dan centang kotak persetujuan.
  8. Klik "Kumpulkan".
  9. Laporan hasil Aksi Nyata akan terkumpul.

Contoh Aksi Nyata Merdeka Belajar di Sekolah

Contoh aksi nyata di bawah ini kami kumpulkan dari beberapa guru yang telah mempraktekkan di sekolahnya masing-masing, sifatnya bisa dijadikan acuan untuk membuat kegiatan serupa.

  • Judul: Merdeka Belajar [buka di sini]
  • Judul: Mengapa Kurikulum Perlu Berubah? [buka disini]
  • Judul: Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar [Buka disini]
  • Judul: Aksi Nyata Budaya Positif Modul 1.4.a.10.2 [buka disini]
  • Judul: Melakukan Asesmen Awal Pembelajaran [buka disini]
  • Judul: Penguatan Literasi di Mata Pelajaran Bahasa Indonesia [buka disini]
  • Judul: Rencana Pertemuan Komunitas Belajar: Seri Belajar Kurikulum [buka disini]
  • Judul: Aksi Nyata Kolaborasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila [buka disini]
  • Judul: Perencanaan Pembelajaran: Merumuskan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Tujuan  Pembelajaran (TP) [buka disini]

Tips Agar Lulus Validasi Aksi Nyata

Setelah mengunggah lembar Aksi Nyata, penyelenggara akan melakukan validasi. Berikut langkah untuk cek hasil penilaian:

  1. Guru yang lulus validasi dapat langsung klik "Lihat Sertifikat".
  2. Isi data dan klik "Lengkapi".
  3. Beri tanda "Centang" kemudian klik "Simpan".
  4. Unduh sertifikat kelulusan.

Jika tidak lolos, tulisan "Lihat Sertifikat" akan menjadi "Baca Saran Perbaikan". Baca saran tersebut dan lakukan pengunggahan dokumen terbaru. Terdapat beberapa tips agar proses validasi berjalan lancar:

  1. Pastikan tidak ada unsur plagiarisme.
  2. Sesuaikan aktivitas dengan topik yang dipilih.
  3. Lampirkan dokumentasi saat melakukan Aksi Nyata.
  4. Sertakan minimal satu umpan balik dari objek Aksi Nyata.

Bagaimana Jika Dinyatakan Tidak Lulus Validasi?

Jika tidak lulus, guru dapat melakukan perbaikan Aksi Nyata tanpa batasan waktu. Berikut cara remedi dan validasi ulang:

  1. Klik "Baca saran perbaikan".
  2. Ikuti pesan/alasan ketidaklulusan.
  3. Jika plagiasi, perbaiki Aksi Nyata dan unggah kembali.
  4. Jika validasi kurang, perbaiki sesuai saran atau ajukan banding.
  5. Klik "Kumpulkan".

Dengan demikian, guru memiliki kesempatan untuk memperbaiki Aksi Nyata mereka hingga lulus validasi. Proses ini memberikan ruang bagi pengembangan dan peningkatan kualitas implementasi "Merdeka Belajar".

Contoh Umpan Balik dari Objek Aksi Nyata Sebagai Syarat Lulus Validasi

Pada tulisan di atas, dijelaskan bahwa umpan balik dari objek Aksi Nyata sebagai salah satu syarat untuk lulus dalam proses validasi. Umpan balik ini tidak berasal dari sesama guru yang menggunakan platform Merdeka Mengajar, tetapi diperoleh langsung dari objek Aksi Nyata selama proses pembuatan.

Berdasarkan webinar yang  berjudul “Berbagi Tips Lulus Validasi Aksi Nyata Pelatihan Mandiri” pada tanggal 21 Desember 2022 disebutkan ada beberapa contoh yang dapat dijadikan umpan balik objek aksi. Berikut adalah contoh-contoh umpan balik yang disarikan dari webinar tersebut:

1. Menggunakan Formulir yang Diisi Peserta Didik

Umpan balik ini efektif digunakan jika peserta didik sudah memiliki kemampuan membaca dan menulis kalimat.

Contoh Umpan Balik Aksi Nyata Mengisi Formulir
Contoh Umpan Balik Mengisi Formulir

Proses ini melibatkan penggunaan formulir yang diisi oleh peserta didik, memberikan ruang bagi mereka untuk menyampaikan pandangan dan tanggapan terhadap Aksi Nyata yang telah dilakukan oleh guru.

2. Menggunakan Rekap Jawaban Murid

Umpan balik bisa diperoleh dari Perpustakaan Belajar PMM (drive berisi berbagai metode yang bisa digunakan untuk meminta umpan balik dan refleksi) dengan merangkum jawaban yang diberikan oleh murid terhadap suatu kegiatan atau materi pembelajaran.

Silakan akses contoh umpan balik dari Perpustakaan Belajar PMM disini

Dengan demikian, guru dapat memahami sejauh mana pemahaman dan respons peserta didik terhadap Aksi Nyata yang diimplementasikan.

3. Menggunakan Tangkapan Layar

Metode ini melibatkan pengambilan tangkapan layar dari interaksi atau kegiatan peserta didik selama pelaksanaan Aksi Nyata.

Umpan Balik Aksi Nyata Melalui Tangkapan Layar
Contoh Umpan Balik Melalui Tangkapan Layar

Tangkapan layar dapat menjadi bukti visual yang memberikan gambaran langsung tentang respons peserta didik terhadap kegiatan yang dijalankan.

Dengan adanya umpan balik ini, proses validasi Aksi Nyata menjadi lebih objektif dan menyeluruh. Umpan balik langsung dari objek Aksi Nyata, seperti peserta didik, memberikan pandangan yang berharga untuk menilai efektivitas dan dampak dari Aksi Nyata yang telah dilakukan oleh guru.

Pertanyaan dan Jawaban yang mungkin diperatanyakan guru: 

1. Mengapa Aksi Nyata terkunci dan bagaimana membukanya? 

Aksi Nyata hanya dapat diakses setelah menyelesaikan seluruh modul pada satu topik Pelatihan Mandiri. Pastikan semua modul sudah terselesaikan sebelum mencoba membuka Aksi Nyata.

2. Mengapa penting melakukan Aksi Nyata? 

Melalui Aksi Nyata, guru dapat menerapkan teori yang telah dipelajari dalam Pelatihan Mandiri. Ini memungkinkan guru untuk memperlihatkan pemahaman dan penguasaan materi, serta menyelesaikan satu topik Pelatihan Mandiri.

3. Apa yang perlu diperhatikan saat melakukan Aksi Nyata?

Pilihlah Aksi Nyata yang dapat menunjukkan pemahaman terhadap topik dan praktikkan sesuai instruksi. Anda dapat memodifikasi instruksi sesuai kebutuhan.  

4. Apakah ada batas waktu untuk mengerjakan Aksi Nyata?

Tidak ada batas waktu untuk menyelesaikan Aksi Nyata. Anda memiliki kebebasan untuk menentukan waktu pengerjaan sesuai dengan ketersediaan Anda.

5. Bisakah saya menghapus atau mengedit lembar Aksi Nyata?

Saat ini, tidak mungkin menghapus atau mengedit lembar Aksi Nyata yang telah diunggah. Kesempatan untuk merevisi akan diberikan jika Aksi Nyata tidak lulus validasi.

6. Bolehkah mengerjakan Aksi Nyata bersama rekan guru lain?

Anda dapat bekerja sama dengan rekan guru, namun perlu diperhatikan bahwa refleksi harus dilakukan secara mandiri karena bersifat personal. Pastikan juga untuk menjaga uniknya laporan, deskripsi, dan refleksi Aksi Nyata Anda.

7. Berapa kali dapat melakukan perbaikan Aksi Nyata?

Tidak ada batasan maksimal untuk melakukan perbaikan Aksi Nyata. Anda dapat melakukan perbaikan setiap kali tidak lulus validasi hingga berhasil lulus dan mendapatkan sertifikat.

8. Bagaimana cara mengubah data sertifikat?

Data sertifikat tidak dapat diubah. Pastikan Anda mengisi data sertifikat dengan benar sebelum menyimpan dan mengunduh sertifikat.

Baca Juga:

Dengan mengintegrasikan contoh Aksi Nyata Merdeka Belajar, kita dapat memahami cara membuat pengalaman pembelajaran yang lebih dinamis dan relevan. Semoga bermanfaat!

Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."