Blogger Jateng

Istilah Silabus dalam Kurikulum Merdeka, Simak Langkah Pembuatannya!

Nyero.ID - Mungkin  Bapak Ibu guru sering mendengar tentang istilah silabus dalam Kurikulum 2013. Sekarang, dalam era Kurikulum Merdeka Belajar, istilah silabus telah digantikan oleh istilah Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

ATP dapat diartikan sebagai rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara sistematis dan logis sepanjang fase pembelajaran, mengikuti urutan pembelajaran dari awal hingga akhir. Fungsinya mirip dengan silabus, yakni sebagai panduan perencanaan pembelajaran. 

ATP tidak hanya membantu guru merencanakan pengajaran, tetapi juga menjadi panduan bagi guru dan murid dalam mencapai Capaian Pembelajaran di akhir fase pembelajaran.

Dalam proses penyusunannya, guru memiliki keleluasaan untuk menyesuaikan ATP dengan konteks dan kebutuhan siswa di kelasnya. Fleksibilitas ini memungkinkan pendekatan yang lebih personal dan efektif terhadap kebutuhan belajar para siswa.

Silabus dalam Kurikulum Merdeka

Langkah-langkah penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan suatu proses yang kritis untuk memastikan efektivitas pembelajaran. Berikut adalah penjelasan rinci mengenai setiap langkah dalam menyusun ATP:

1. Identifikasi Capaian Pembelajaran

Langkah pertama adalah mengidentifikasi dengan jelas Capaian Pembelajaran yang ingin dicapai. Pastikan bahwa tujuan tersebut memenuhi kriteria spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan memiliki batasan waktu. Capaian pembelajaran yang telah disediakan oleh pemerintah dapat dijadikan panduan untuk merumuskan tujuan pembelajaran yang berkualitas.

2. Pemilihan Tujuan Pembelajaran

Berdasarkan Capaian Pembelajaran yang telah diidentifikasi, pilih Tujuan Pembelajaran yang mendukung pencapaian tersebut. Pastikan bahwa tujuan-tujuan ini bersifat progresif, saling membangun, dan sesuai dengan tingkat kemampuan siswa. Pemilihan tujuan yang tepat akan membentuk landasan kuat bagi perencanaan pembelajaran.

3. Pengorganisasian Tujuan dalam ATP

Susun Tujuan Pembelajaran secara logis dalam ATP. Pastikan bahwa ada alur yang jelas dan bermakna antara tujuan-tujuan ini, sehingga siswa dapat membangun pemahaman secara bertahap. Pengorganisasian yang baik akan memberikan struktur yang mendukung proses pembelajaran secara menyeluruh.

4. Integrasi Metode Pembelajaran

Sertakan metode pembelajaran yang mendukung setiap Tujuan Pembelajaran. Gunakan variasi metode, seperti ceramah, diskusi kelompok, atau proyek, untuk memenuhi kebutuhan beragam siswa. Integrasi metode pembelajaran yang beragam akan meningkatkan keterlibatan siswa dan mendukung pemahaman konsep secara holistik.

5. Evaluasi dan Pemantauan Progres

Tentukan metode evaluasi yang sesuai dengan setiap Tujuan Pembelajaran. Pemantauan progres secara berkala membantu mengidentifikasi area yang memerlukan perhatian tambahan. Evaluasi yang tepat memberikan gambaran tentang pencapaian siswa dan membimbing pengaturan pembelajaran ke arah yang lebih efektif.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, penyusunan ATP menjadi suatu proses yang terstruktur dan terarah, mendukung pencapaian Capaian Pembelajaran dengan optimal. Fleksibilitas dalam penyesuaian ATP dengan konteks kelas dan kebutuhan siswa juga memberikan ruang bagi pendekatan yang lebih personal dan efektif dalam pembelajaran.

Untuk mendukung guru dalam menyusun ATP, pemerintah telah menyediakan beberapa contoh ATP yang dapat langsung digunakan atau dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan lembaga pendidikan. Ini merupakan langkah positif untuk memudahkan guru dalam perencanaan pembelajaran yang efektif.

Selengkapnya download disini:

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kurikulum Merdeka untuk jenjang PAUD, SD, SMP dan SMA

Baca Juga:

  1. Persiapan yang Dilakukan Sekolah Bila Kurikulum Merdeka Dijadikan Kurikulum Nasional
  2. Penyusunan Soal & Instrumen Berbasis HITS dalam Kurikulum Merdeka
  3. Konsep Penyusunan dan Pengembangan Bahan Ajar Kurikulum Merdeka

Dengan adanya ATP, diharapkan pembelajaran tidak hanya lebih terstruktur dan terarah, tetapi juga lebih sesuai dengan kebutuhan individual siswa. Inisiatif pemerintah dalam menyediakan contoh ATP juga memberikan dukungan praktis bagi para pendidik, memastikan bahwa panduan ini dapat digunakan dengan mudah dan efisien. Semoga dengan penggunaan ATP, proses belajar mengajar dapat menjadi lebih optimal dan bermakna bagi semua pihak yang terlibat.

Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."