Blogger Jateng

Ujian Madrasah: Kementerian Agama Dorong Koordinasi dan Monitoring untuk Hasil Terbaik

Nyero.ID - Kementerian Agama sedang giat melakukan persiapan untuk ujian di madrasah. Persiapan ini penting untuk memastikan kelancaran pelaksanaan ujian dan mengurangi potensi kekurangan selama pelaksanaan, seperti yang diungkapkan oleh Direktur Kurikulum, Sarana dan Prasarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Muchamad Sidik Sisdiyanto, dalam pembukaan Rapat Koordinasi Persiapan Ujian Madrasah di Bali pada Senin (19/02/2024).

Sidik menekankan pentingnya menjaga agar semua langkah persiapan ujian dilakukan dengan cermat dari awal hingga akhir. "Jelang ujian madrasah harus pastikan semua persiapan ujian dilakukan dengan baik dan matang dari awal hingga akhir. Untuk itu, segala langkah persiapan harus segera disampaikan dan disosialisasikan hingga pelaksana tingkat kabupaten/kota," ucap Sidik.

Ujian asesmen madrasah


Ia menyarankan agar ketua tim di tingkat provinsi melaporkan dan terus berkoordinasi terkait pelaksanaan ujian di madrasah untuk memperoleh informasi terkini. Selain itu, koordinasi yang terus-menerus di lapangan diperlukan untuk mencari solusi terhadap kendala yang muncul. Sidik juga menekankan perlunya melakukan monitoring terhadap pelaksanaan ujian untuk evaluasi dan hasil yang lebih baik di masa depan.

Kepala Subdirektorat Kurikulum dan Evaluasi, Abdul Basit, menjelaskan bahwa rapat koordinasi ini bertujuan sebagai sarana untuk membahas berbagai persoalan yang mungkin menjadi kendala selama ini, sehingga dapat ditemukan solusi yang efektif. Basit menekankan perlunya membahas persoalan berdasarkan data yang lengkap. Selain itu, pertemuan ini juga akan menghasilkan komitmen bersama terkait penerapan kurikulum merdeka.

Kegiatan ini disambut baik oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali, Komang Sri Marheni, yang mengungkapkan rasa syukur karena Bali menjadi tuan rumah rapat koordinasi. Marheni menyatakan bahwa kegiatan ini sangat penting karena akan melahirkan langkah-langkah strategis yang dapat membuat madrasah semakin unggul di masa depan.

Rapat koordinasi persiapan ujian madrasah yang berlangsung di Bali pada 19 - 21 Februari 2024 dihadiri oleh berbagai pejabat Kementerian Agama, antara lain, Kasubdit Sarana dan Prasarana KSKK Madrasah Abdul Rouf, Kasubdit Kelembagaan Papay Supriatna, Kasubdit Kesiswaan Imam Bukhori, Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi Abdul Basit, serta Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Arif Rahman. Turut hadir pula para ketua tim kurikulum dari seluruh Indonesia dan perwakilan beberapa Kepala Madrasah di Indonesia.

Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."