Blogger Jateng

Asesmen yang Dilakukan pada Awal Pembelajaran untuk Mengetahui Kapasitas Murid di Kelas adalah...

Nyero.ID - Artikel ini menyajikan informasi terkait dengan kunci jawaban atas pertanyaan "sesmen yang dilakukan pada awal pembelajaran untuk mengetahui kapasitas murid di kelas adalah..." untuk post test Modul 1 yang membahas topik Asesmen di Platform Merdeka Mengajar. Materi ini merupakan bagian integral dari pelatihan mandiri yang disediakan bagi para guru melalui aplikasi Merdeka Mengajar.

Asesmen yang dilakukan pada awal pembelajaran memainkan peran krusial dalam proses pengajaran di dalam kelas. Ini adalah momen di mana guru dapat mendapatkan gambaran yang jelas tentang tingkat pemahaman, kekuatan, dan kelemahan siswa mereka. Dengan pemahaman ini, guru dapat merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dan relevan, sesuai dengan kebutuhan individual masing-masing siswa.

Asesmen yang Dilakukan pada Awal Pembelajaran untuk Mengetahui Kapasitas Murid di Kelas adalah...

Asesmen awal tidak hanya sebatas ujian atau tes tertulis. Ini juga melibatkan pengamatan langsung, percakapan, dan interaksi dengan siswa. Guru perlu memperhatikan berbagai aspek, termasuk kemampuan akademik, keterampilan sosial, minat, dan gaya belajar siswa. Dengan demikian, asesmen dapat menjadi lebih holistik dan komprehensif.

Soal

Asesmen yang dilakukan pada awal pembelajaran untuk mengetahui kapasitas murid di kelas adalah...

  • a. asesmen formatif
  • b. asesmen sumatif
  • c. asesmen diagnostik
  • d. asesmen diri 

Jawaban

Jawaban yang tepat atas pertanyaan Asesmen yang dilakukan pada awal pembelajaran untuk mengetahui kapasitas murid di kelas adalah...

c. Asesmen diagnostik

Pembahasan 

Asesmen diagnostik merupakan sebuah proses evaluasi yang dilakukan pada tahap awal pembelajaran untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai kemampuan, kekuatan, dan kelemahan siswa dalam suatu mata pelajaran atau keterampilan tertentu. Tujuan utamanya adalah untuk mengidentifikasi level pemahaman awal siswa serta potensi kesenjangan pemahaman di antara mereka.

Melalui asesmen ini, guru dapat memperoleh gambaran yang jelas tentang kemampuan siswa secara individual. Proses ini tidak terbatas pada tes tertulis, tetapi juga melibatkan pengamatan langsung, percakapan, dan interaksi antara guru dan siswa.

Salah satu keunggulan utama dari asesmen diagnostik adalah informasi yang diperoleh dari asesmen ini memungkinkan guru untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman masing-masing siswa.

Dengan memahami perbedaan individual antara siswa, guru dapat menyusun strategi pembelajaran yang beragam dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa. Hal ini dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran serta meminimalkan kesenjangan pemahaman antara siswa.

Asesmen diagnostik juga berperan penting dalam memberikan umpan balik kepada siswa. Dengan mengetahui tingkat pemahaman mereka pada awal pembelajaran, siswa dapat memahami di mana posisi mereka dalam proses belajar dan menerima dukungan yang diperlukan untuk meningkatkan pemahaman mereka.

Baca Juga:

Dalam konteks pendidikan inklusif, asesmen diagnostik juga dapat membantu dalam mengidentifikasi kebutuhan khusus siswa dan menyediakan dukungan yang sesuai. Dengan memahami kebutuhan individual siswa, guru dapat merancang lingkungan pembelajaran yang mendukung dan inklusif bagi semua siswa.

Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."