Blogger Jateng

Buku IPS Kelas 7, 8, 9 SMP/MTs Kurikulum Merdeka Untuk Guru & Siswa!

Nyero.ID - Dalam perjalanan pendidikan di Indonesia, implementasi Kurikulum Merdeka telah menjadi sorotan utama, memperkenalkan pendekatan yang lebih inklusif dan responsif terhadap kebutuhan siswa. Salah satu aspek yang signifikan dari kurikulum ini adalah perubahan dalam bahan pembelajaran, termasuk buku teks. 

Dalam konteks ini, buku IPS untuk kelas 7, 8 & 9 SMP/MTs menjadi sorotan penting, karena menjadi salah satu fondasi pembentukan pemahaman awal siswa tentang ilmu sosial dan budaya. Mari kita telaah dengan lebih mendalam.

Pertama-tama, perubahan mendasar yang terjadi dalam buku IPS Fase D sejalan dengan semangat Kurikulum Merdeka adalah pengenalan pendekatan inklusif. Dalam buku-buku tersebut, kita melihat upaya yang jelas untuk mencakup beragam perspektif, pengalaman, dan konteks sosial yang mencerminkan keragaman masyarakat Indonesia. Ini membuka pintu bagi siswa untuk memahami dan menghargai keragaman budaya serta dinamika sosial yang ada di sekitar mereka.

Selanjutnya, fleksibilitas juga menjadi karakteristik utama dari buku IPS kelas 7, 8 & 9 SMP/MTs dalam konteks Kurikulum Merdeka. Buku tersebut tidak hanya memberikan informasi secara kaku, tetapi juga menawarkan pendekatan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa. 

Ini tercermin dalam ragam aktivitas pembelajaran yang disertakan, mulai dari diskusi kelompok hingga penelitian lapangan, yang memungkinkan guru untuk mengadaptasi metode pengajaran sesuai dengan kondisi kelas dan lingkungan belajar.

Buku IPS Kelas 7, 8, 9 Kurikulum Merdeka Untuk Guru & Siswa!

Selain itu, relevansi menjadi fokus utama dalam penyusunan buku IPS Fase D. Kurikulum Merdeka menekankan pentingnya membangun pemahaman yang terkait dengan kehidupan sehari-hari siswa. Oleh karena itu, buku-buku ini mencoba untuk menghubungkan konsep-konsep yang diajarkan dengan konteks sosial, budaya, dan ekonomi yang ada di sekitar siswa.

Hal ini membantu siswa untuk melihat keterkaitan antara apa yang mereka pelajari di kelas dengan realitas yang mereka alami di masyarakat.

Tidak ketinggalan, buku IPS kelas 7, 8 & 9 Fase D dalam Kurikulum Merdeka ini juga menekankan pengembangan keterampilan abad ke-21. Selain menyajikan informasi dan fakta, buku-buku tersebut juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan kritis, kreativitas, dan pemecahan masalah. 

Ini tercermin dalam aktivitas-aktivitas yang merangsang pemikiran kritis, seperti analisis kasus studi atau proyek penelitian, yang mendorong siswa untuk berpikir lebih mendalam tentang materi yang dipelajari.

Buku IPS untuk Siswa dan Guru SMP / MTS kelas 7, 8, dan 9 Fase D Kurikulum Merdeka

Dalam konteks pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), dua jenis buku kunci yang memegang peran penting adalah "Buku Siswa: Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP" dan "Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP" 

Kedua buku ini memiliki peran yang saling melengkapi, di mana buku siswa ditujukan untuk mendukung proses pembelajaran siswa, sementara buku panduan guru menyediakan arahan dan bimbingan bagi pengajar. 

Buku-buku ini disediakan secara gratis dalam website resmi Kemendikbud, jadi anda bisa mendowloadnya langsung.  

Mata Pelajaran IPS SMP Fase D Kurikulum Merdeka

Dalam mengakhiri pembahasan, penting untuk diakui bahwa buku IPS kelas 7, 8 dan 9 dalam Kurikulum Merdeka menjadi instrumen yang vital dalam membentuk pemahaman dan kesadaran sosial siswa. 

Baca:

Dengan pendekatan yang inklusif, fleksibilitas, relevansi, dan fokus pada pengembangan keterampilan abad ke-21, buku-buku ini bukan hanya sumber pengetahuan, tetapi juga sarana untuk membangun pemahaman yang mendalam dan kritis tentang masyarakat dan budaya, mempersiapkan siswa untuk menjadi warga negara yang berpikiran terbuka dan berkontribusi aktif dalam masyarakat.

Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."