Blogger Jateng

Buku Sejarah Kelas 10, 11, 12 SMA/MA/SMK Kurikulum Merdeka untuk Guru & Siswa!

Nyero.ID - Dalam era kurikulum merdeka, pendekatan terhadap pembelajaran sejarah menjadi semakin dinamis, menggugah semangat keingintahuan, dan mendorong pemikiran kritis. Buku sejarah untuk kelas 10, 11, dan 12 SMA/SMK/MA menjadi pilar utama dalam menjelajahi rentetan peristiwa yang membentuk peradaban manusia.  

Buku sejarah dalam kurikulum merdeka telah disusun dengan cermat untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran yang holistik. Materi-materi yang disajikan tidak hanya berfokus pada catatan peristiwa, tetapi juga menganjurkan analisis yang mendalam. Dengan demikian, siswa diajak untuk tidak sekadar menghafal fakta, tetapi juga memahami konteks, akibat, dan implikasi dari setiap kejadian.

Pembelajaran sejarah tidak lagi terbatas pada pembacaan pasif. Buku-buku sejarah kelas 10, 11, dan 12 SMA/SMK/MA dalam kurikulum merdeka menawarkan pendekatan yang interaktif. Ini bisa berupa pertanyaan reflektif, studi kasus, atau diskusi kelompok yang merangsang pemikiran kritis dan kolaboratif.  

Buku Sejarah Kelas 10, 11, 12 SMA/MA/SMK Kurikulum Merdeka untuk Guru & Siswa!

Sejarah adalah narasi yang kompleks, diperumit oleh beragam perspektif. Buku-buku sejarah dalam kurikulum merdeka mengakui pentingnya melihat sejarah dari berbagai sudut pandang. 

Buku ini tidak hanya mencakup sudut pandang mayoritas (dominan), tetapi juga memperkenalkan sudut pandang minoritas, perempuan, dan suku-suku yang seringkali terabaikan dalam narasi sejarah konvensional. Hal ini membuka wawasan siswa terhadap keberagaman pengalaman manusia di berbagai belahan dunia.

Buku-buku sejarah kelas 10, 11, dan 12 SMA/SMK/MA dalam kurikulum merdeka tidak hanya membahas peristiwa-peristiwa secara terisolasi, tetapi juga mengaitkannya dengan konteks sosial dan budaya pada saat itu. 

Ini membantu siswa memahami bagaimana perubahan politik, ekonomi, dan budaya saling memengaruhi, membentuk pola-pola yang mengalir dari masa lalu ke masa kini.

Selain teks tulisan, buku-buku sejarah dalam kurikulum merdeka juga memanfaatkan berbagai media, seperti gambar, diagram, dan rekaman audiovisual, untuk menyampaikan informasi dengan lebih menarik dan mudah dipahami. 

Pendekatan ini membuka ruang bagi siswa dengan gaya belajar yang berbeda untuk tetap terlibat dan terhubung dengan materi.

Buku Sejarah untuk Siswa dan Guru SMA/MA/SMK Kelas 10, 11, dan 12 Fase E & F Kurikulum Merdeka

Dalam konteks pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), dua jenis buku kunci yang memegang peran penting dalam pembelajaran yaitu "Buku Siswa dan Buku Panduan Guru Sejarah untuk SMA/MA/SMK" 

Kedua buku ini memiliki peran yang saling melengkapi, di mana buku siswa ditujukan untuk mendukung proses pembelajaran siswa, sementara buku panduan guru menyediakan arahan dan bimbingan bagi pengajar. 

Buku-buku ini disediakan secara gratis dalam website resmi Kemendikbud, jadi anda bisa mendowloadnya langsung.  

Mata Pelajaran Sejarah SMA/SMK/MA Fase E & F Kurikulum Merdeka

Baca Juga:

  1. Buku IPS Kelas 7, 8, 9 SMP/MTs Kurikulum Merdeka Untuk Guru & Siswa!
  2. Buku IPS Kelas 10, 11, dan 12 SMA/MA Kurikulum Merdeka untuk Guru & Siswa!
  3. Buku Bahasa Indonesia Kelas 10, 11, & 12 SMA/MA/SMK Kurikulum Merdeka untuk Guru & Siswa!
Buku sejarah kelas 10, 11, dan 12 SMA/SMK/MA dalam kurikulum merdeka tidak hanya mengajarkan tentang masa lalu, tetapi juga membantu membentuk pemahaman yang mendalam tentang dunia kita saat ini.  

Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."