Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran Adalah…

Daftar Isi

Nyero.ID - Di bawah ini, kami telah menyiapkan jawaban atas pertanyaan "Hal yang perlu dilakukan sebelum menyusun alur tujuan pembelajaran adalah…". Pertanyaan ini terdapat dalam modul 1 Plaform Merdeka Mengajar. 

Pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam pembentukan masyarakat yang berdaya saing dan berbudaya. Di balik setiap proses pembelajaran yang sukses, terdapat perencanaan yang matang dan terstruktur. Salah satu langkah krusial dalam perencanaan pembelajaran adalah penyusunan alur tujuan pembelajaran.

Alur tujuan pembelajaran merupakan peta jalan yang mengarahkan proses belajar mengajar menuju pencapaian tujuan pendidikan. Sebelum kita melangkah lebih jauh dalam merumuskan alur tersebut, terdapat beberapa tahapan yang harus kita lalui dengan cermat. Tahapan ini tidak hanya menentukan arah pembelajaran, tetapi juga mengarahkan cara kita mengevaluasi dan mengukur kemajuan pembelajaran.

Sebelum kita memasuki pembahasan tentang langkah-langkah yang diperlukan dalam menyusun alur tujuan pembelajaran, penting bagi kita untuk memahami konsep dasarnya, baca: tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran tidak hanya sekadar menentukan apa yang akan dipelajari, tetapi juga bagaimana cara kita mengukur keberhasilan belajar tersebut.

Hal yang Perlu DIilakukan Sebelum Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran Adalah…

Soal

Hal yang perlu dilakukan sebelum menyusun alur tujuan pembelajaran adalah…

  • A. Menentukan metode pembelajaran
  • B. Menentukan rencana asesmen
  • C. Menentukan kedalaman materi
  • D. Mempelajari dan menguraikan CP

Jawaban

Jawaban yang tepat dari pertanyaan Hal yang perlu dilakukan sebelum menyusun alur tujuan pembelajaran adalah…

D. Mempelajari dan menguraikan CP

Penjelasan

Di balik setiap proses pembelajaran yang sukses, terdapat perencanaan yang matang dan terstruktur. Dalam dunia pendidikan, penyusunan alur tujuan pembelajaran merupakan tahapan yang krusial dalam memastikan pencapaian hasil yang diinginkan. 

Namun, langkah-langkah apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum kita memasuki proses penyusunan alur tersebut? Berikut adalah penjelasan untuk setiap langkah dalam menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

1. Identifikasi Capaian Pembelajaran (CP)

Langkah pertama dalam menyusun ATP adalah mengidentifikasi Capaian Pembelajaran (CP) yang ingin dicapai. CP merupakan gambaran tentang pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diharapkan peserta didik peroleh setelah menyelesaikan pembelajaran. Identifikasi CP yang jelas dan terukur penting untuk membimbing proses pembelajaran menuju pencapaian tujuan akhir yang diinginkan.

2. Pemilihan Tujuan Pembelajaran

Setelah CP diidentifikasi, langkah selanjutnya adalah memilih Tujuan Pembelajaran yang mendukung pencapaian CP tersebut. Tujuan Pembelajaran haruslah spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berorientasi pada peserta didik. Pemilihan tujuan pembelajaran yang tepat membantu menyusun alur pembelajaran yang efektif dan terarah.

3. Pengorganisasian Tujuan dalam ATP

Setelah tujuan pembelajaran dipilih, langkah berikutnya adalah mengorganisasi tujuan tersebut ke dalam ATP. ATP merupakan kerangka kerja yang mengatur tujuan pembelajaran secara sistematis dan logis. Dalam pengorganisasian ini, tujuan pembelajaran dikelompokkan dan disusun secara berurutan sesuai dengan tahapan pembelajaran yang diinginkan.

4. Integrasi Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran yang dipilih memainkan peran penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Langkah ini melibatkan integrasi metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan gaya belajar peserta didik. Pemilihan metode pembelajaran yang variatif dan relevan membantu mendukung pembelajaran yang efektif dan menarik.

5. Evaluasi dan Pemantauan Progres

Langkah terakhir adalah evaluasi dan pemantauan progres peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Evaluasi dilakukan secara terus-menerus untuk memastikan bahwa tujuan pembelajaran tercapai dan memberikan umpan balik yang berguna untuk perbaikan. Pemantauan progres membantu guru dan siswa untuk mengetahui sejauh mana pencapaian tujuan pembelajaran telah tercapai dan memberikan arahan untuk langkah-langkah selanjutnya.

Baca Juga: 

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, guru dapat menyusun ATP yang efektif dan membimbing peserta didik melalui perjalanan pembelajaran yang terstruktur dan terarah menuju pencapaian Capaian Pembelajaran yang diinginkan.

Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."