Jawaban Salah Satu Perubahan Struktur Kurikulum Pada Kurikulum Merdeka di Jenjang SMP adalah

Daftar Isi

Nyero.ID - Di bawah ini, telah kami siapkan jawaban atas pertanyaan "Salah satu perubahan struktur kurikulum pada kurikulum merdeka di jenjang smp adalah?" yang terdapat dalam modul 2 Plaform Merdeka Mengajar. 

Dalam era kurikulum merdeka di jenjang SMP, terdapat beberapa perubahan signifikan yang mempengaruhi struktur pembelajaran. Salah satu perubahan yang menonjol adalah penekanan pada salah satu mata pelajaran sebagai mata pelajaran wajib, yaitu mata pelajaran informatika. 

Hal ini mengindikasikan arah baru dalam pendidikan yang memperhatikan pentingnya literasi digital dan teknologi dalam perkembangan peserta didik. Dalam konteks ini, soal berikut menguji pemahaman Anda terkait perubahan tersebut.

Salah Satu Perubahan Struktur Kurikulum Pada Kurikulum Merdeka di Jenjang SMP adalah

Soal

Salah satu perubahan struktur kurikulum pada kurikulum merdeka di jenjang smp adalah...

  • A. Pembelajaran IPA dan IPS dilakukan secara terpadu menjadi IPAS.
  • B. Murid dapat memilih mata pelajaran peminatan yang disediakan oleh sekolah.
  • C. Mata pelajaran informatika merupakan mata pelajaran wajib.
  • D. Muatan pembelajaran IPAS terintegrasi dalam mata pelajaran lain.

Jawaban

Jawaban dari pertanyaan salah satu perubahan struktur kurikulum pada kurikulum merdeka di jenjang smp adalah:

C. Mata pelajaran informatika merupakan mata pelajaran wajib.

Mata Pelajaran Informatika dalam Kurikulum Merdeka

Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, kebutuhan akan pemahaman yang kuat tentang teknologi dan komputer menjadi semakin penting. Di tengah perubahan yang pesat ini, pendidikan juga harus beradaptasi dengan tuntutan zaman. Sebagai respons terhadap perkembangan tersebut, pemerintah telah memasukkan mata pelajaran informatika sebagai mata pelajaran wajib dalam Kurikulum Merdeka di berbagai jenjang pendidikan, terutama di tingkat SMP.

Kurikulum Merdeka menandai tonggak baru dalam pendidikan di Indonesia. Sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan masa depan, keputusan untuk menjadikan mata pelajaran informatika sebagai mata pelajaran wajib sangatlah relevan.

Mengapa Informatika Penting?

Informatika bukanlah sekadar pelajaran tambahan, tetapi merupakan landasan esensial bagi pemahaman tentang dunia digital yang kita tinggali. Mata pelajaran ini mencakup berbagai aspek, mulai dari pemahaman dasar tentang komputer dan sistem operasi, hingga pengembangan aplikasi dan pemrograman.

Pentingnya informatika dalam kurikulum tidak hanya terbatas pada kemampuan teknis semata, tetapi juga membantu dalam pengembangan keterampilan kritis, kreatif, dan pemecahan masalah. Dengan mempelajari informatika, siswa diajak untuk berpikir secara sistematis, menganalisis situasi, serta menemukan solusi efektif melalui penerapan konsep yang mereka pelajari.

Selain itu, informatika juga memainkan peran kunci dalam persiapan siswa untuk dunia kerja. Di era digital ini, banyak pekerjaan membutuhkan pemahaman yang kuat tentang teknologi informasi. Dengan menjadikan mata pelajaran informatika sebagai mata pelajaran wajib, Kurikulum Merdeka membantu mempersiapkan siswa untuk memasuki pasar kerja yang semakin terintegrasi dengan teknologi.

Dampak Positif dari Keputusan ini

Keputusan untuk menjadikan informatika sebagai mata pelajaran wajib dalam Kurikulum Merdeka memiliki dampak positif yang signifikan. Pertama, hal ini memberikan akses yang lebih luas kepada siswa untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan tentang teknologi informasi, tanpa memandang latar belakang atau kondisi sosio-ekonomi mereka.

Kedua, dengan membuat informatika sebagai mata pelajaran wajib, pemerintah memberikan sinyal yang jelas tentang pentingnya literasi digital dalam pembangunan masyarakat yang cerdas dan terampil di era digital ini.

Ketiga, keputusan ini juga memberikan peluang bagi para pengajar dan lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam bidang informatika. Dengan penekanan yang lebih besar pada mata pelajaran ini, diharapkan akan ada investasi lebih besar dalam pengembangan kurikulum, pelatihan guru, serta penyediaan sumber daya yang berkualitas.

Kesimpulan

Pengakuan terhadap pentingnya informatika sebagai mata pelajaran wajib dalam Kurikulum Merdeka adalah langkah yang sangat positif. Dengan memasukkan mata pelajaran ini ke dalam kurikulum, pemerintah tidak hanya membantu mempersiapkan siswa untuk masa depan yang semakin terhubung secara digital, tetapi juga membangun fondasi yang kuat untuk perkembangan bangsa ke depannya.

Informatika bukan lagi sekadar tentang komputer dan teknologi, tetapi tentang kemampuan untuk memahami, mengelola, dan berpartisipasi dalam dunia yang semakin terdigitalisasi. Dengan demikian, keputusan untuk menjadikan informatika sebagai mata pelajaran wajib adalah langkah yang bijaksana dan strategis dalam memajukan pendidikan Indonesia ke arah yang lebih baik.

Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."