Blogger Jateng

Lirik Lagu Profil Pelajar Pancasila (Kurikulum Merdeka)

Nyero.ID - Dalam rangka memperkuat karakter generasi muda Indonesia, Pusat Penguatan Karakter Kemendikbudristek telah meluncurkan sebuah karya yang menarik perhatian banyak pihak. Yiatu Lagu Profil Pelajar Pancasila yang merupakan hasil kolaborasi dengan musisi terkenal Alffy Rev dan Novia Bachmid.

Lagu ini tidak sekadar hiburan belaka, namun juga menjadi sarana penyampaian pesan-pesan penting terkait penguatan karakter melalui konsep Profil Pelajar Pancasila. Dalam lagu tersebut, terdapat enam dimensi utama Profil Pelajar Pancasila yang disampaikan, yakni iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, keberagaman global, gotong royong, mandiri, berpikir kritis, dan kreatif.

Rusprita Putri Utami, Kepala Puspeka Kemendikbudristek, menjelaskan bahwa Puspeka memiliki komitmen kuat dalam menciptakan Pelajar Pancasila, yang merupakan representasi siswa Indonesia yang kompeten secara global dan memiliki perilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. 

Lagu Profil Pelajar Pancasila diharapkan dapat menjadi media efektif untuk menyebarkan pesan-pesan ini kepada berbagai pihak, termasuk masyarakat umum, bukan hanya pelaku pendidikan.

Rusprita menegaskan bahwa penggunaan lagu sebagai media komunikasi untuk menyampaikan pesan-pesan karakter Profil Pelajar Pancasila dianggap lebih efektif daripada bentuk media massa lainnya. Dengan tambahan video musik, pesan yang ingin disampaikan dapat lebih jelas dan dapat memengaruhi khalayak dengan lebih baik.

Lirik Lagu Profil Pelajar Pancasila (Kurikulum Merdeka)

Tri Adinata, pencipta lirik lagu Profil Pelajar Pancasila, menekankan bahwa lagu ini dihasilkan dengan semangat untuk memberikan landasan bagi generasi muda Indonesia dalam menjalani kehidupan sebagai Pelajar Pancasila. Dengan sentuhan aransemen modern yang unik, lagu ini diharapkan dapat meresap ke dalam jiwa generasi muda dan mengingatkan mereka akan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Baca Juga: Apa Itu Kurikulum Merdeka?

Novia Bachmid, penyanyi yang membawakan lagu tersebut, juga menyampaikan harapannya agar lagu ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada generasi muda mengenai nilai-nilai Pancasila. Menurutnya, bukan hanya berkarya saja yang penting, namun generasi muda juga perlu memiliki karakter yang berlandaskan pada nilai-nilai luhur Pancasila.

Lirik Lagu Profil Pelajar Pancasila

Ayo memilih apa yang kau suka

Merdeka Belajar wujud yang nyata

Raih mimpimu juga cita-cita

Generasi emas Indonesia


Profil Pelajar Pancasila

Tanamkan di dalam dada

Profil Pelajar Pancasila

Cerdas berkarakter itu kita


Beriman dan bertakwa

Pada Tuhan yang Maha Esa

Berakhlak mulia

Berkebhinekaan global kita


Gotong royong

Berjiwa mandiri

Berpikir, kreatif

dan bernalar kritis


Perbedaan bukan suatu halangan

untuk kita saling bergandeng tangan

Bhineka Tunggal Ika

Semboyan negeri kita

yang harus kita jaga bersama


Profil Pelajar Pancasila

Tanamkan di dalam dada

Profil Pelajar Pancasila

Cerdas berkarakter itu kita


Beriman dan bertakwa

pada Tuhan yang Maha Esa

Berakhlak mulia

Berkebhinekaan global kita


Gotong royong,

Berjiwa mandiri

Berpikir, kreatif

dan bernalar kritis


Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila

Baca Juga:

Lagu Profil Pelajar Pancasila diharapkan dapat menjangkau lebih banyak orang dan menjadi alat yang efektif dalam menanamkan karakter yang kuat dan nilai-nilai Pancasila yang luhur kepada generasi muda Indonesia.

Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."