Blogger Jateng

Proses Pembelajaran Seperti Apa yang Ingin Anda Perbaiki dengan Menggunakan Asas Trikon?

Nyero.ID - Di bawah ini, kami telah menyiapkan ide dan alternatif jawaban atas pertanyaan "Proses pembelajaran seperti apa yang ingin anda perbaiki dengan menggunakan asas trikon?". Pertanyaan ini terdapat dalam modul Plaform Merdeka Mengajar. 

Asas trikon merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang mengutamakan tiga aspek penting, yaitu: konten (materi yang diajarkan), konteks (lingkungan dan situasi pembelajaran), dan siswa (peserta didik yang belajar). Dengan menggunakan asas trikon, proses pembelajaran dapat ditingkatkan dengan berbagai cara, antara lain:

Konten yang relevan dan menarik

Dengan memperhatikan aspek konten, guru dapat merancang materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa. Materi yang relevan dan menarik akan memotivasi siswa untuk belajar lebih aktif.

Konteks yang memadai

Lingkungan dan situasi pembelajaran yang kondusif sangat penting untuk menciptakan pengalaman belajar yang efektif. Guru dapat memperhatikan kondisi kelas, teknologi yang tersedia, serta memperhitungkan berbagai faktor eksternal yang dapat memengaruhi proses belajar siswa.

Perhatian pada kebutuhan siswa

Setiap siswa memiliki gaya belajar dan kebutuhan yang berbeda-beda. Dengan memperhatikan aspek siswa, guru dapat mengidentifikasi berbagai strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik individu siswa, sehingga proses pembelajaran dapat menjadi lebih efektif.

Melalui penerapan asas trikon, guru dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan memperhatikan keselarasan antara konten, konteks, dan siswa. Hal ini dapat membantu dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis, relevan, dan mendukung perkembangan siswa secara optimal.

Proses Pembelajaran Seperti Apa yang Ingin Anda Perbaiki dengan Menggunakan Asas Trikon

Soal 

Proses pembelajaran seperti apa yang ingin anda perbaiki dengan menggunakan asas trikon?

Jawaban 

Berikut beberapa ide dan alternatif jawaban untuk menjawab pertanyaan: Proses pembelajaran seperti apa yang ingin anda perbaiki dengan menggunakan asas trikon?

Penerapan asas trikon dalam proses pembelajaran memungkinkan adaptasi yang lebih baik terhadap kultur dan lingkungan sekolah. Sebagai contoh, di sekolah yang berlokasi di daerah pegunungan, penerapan asas trikon memungkinkan siswa untuk belajar tentang bercocok tanam, sebuah keterampilan yang tidak hanya relevan dengan lingkungan mereka tetapi juga membantu mencegah erosi tanah.

Melalui pendekatan ini, semua aspek pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan dan konteks khusus dari masing-masing lingkungan sekolah, sehingga hasilnya menjadi lebih efektif. Prinsip asas trikon sangat berpengaruh dalam pengembangan sistem pendidikan saat ini, karena memberikan landasan untuk transformasi pendidikan yang lebih menyeluruh.

Asas trikon, yang dikembangkan oleh Ki Hajar Dewantara, memperjuangkan pendidikan yang menyeluruh dan seimbang dalam membentuk manusia yang berkarakter baik. Konsep ini diberi nama "trikon" karena mengandung tiga unsur penting, yaitu Kontinuitas, Konvergensi, dan Konsentris.

Pertama, Kontinuitas mengacu pada pengembangan dan pembelajaran yang berlangsung secara terus-menerus dan berkesinambungan. Ini menekankan pentingnya proses pembelajaran yang tidak hanya terjadi dalam satu waktu tetapi juga terus berkembang seiring waktu.

Kedua, Konvergensi menyoroti proses pengembangan pendidikan yang memanfaatkan berbagai sumber lain yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi siswa. Pendekatan ini memungkinkan integrasi berbagai metode dan materi pembelajaran yang dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa.

Ketiga, Konsentris mengacu pada pengembangan pendidikan yang disesuaikan dengan kultur budaya bangsa sendiri. Ini memastikan bahwa proses pembelajaran menghormati dan memperkaya warisan budaya siswa, sehingga membuat pembelajaran menjadi lebih relevan dan bermakna bagi mereka.

Baca Juga:

  1. Contoh Penerapan Asesmen dalam Kurikulum Merdeka yang Tepat adalah...
  2. Setelah Mengenal Perubahan Utama Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka, Hal Apa yang Paling Membuat Ibu dan Bapak Guru Bersemangat? Mengapa?
  3. Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran Adalah…

Dengan demikian, penerapan asas trikon dalam proses pembelajaran bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang dinamis, relevan, dan mendukung perkembangan holistik siswa. Ini merupakan langkah penting dalam memperbaiki proses pembelajaran agar lebih efektif dan bermakna bagi semua pihak yang terlibat dalam pendidikan.

Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."