Rangkuman Materi PPKn Kelas 11 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2!

Daftar Isi

Materi PPKn Kelas 11 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

Nyero.ID - Artikel ini akan menguraikan tentang materi-materi yang terdapat dalam mata pelajaran PPKn kelas 11 SMA semester 1 dan 2.

Dalam kurikulum pendidikan Merdeka, mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) memainkan peran sentral dalam membentuk pemahaman peserta didik akan identitas, hak, dan tanggung jawab sebagai bagian dari masyarakat Indonesia yang pluralistik.

Pada jenjang kelas 11, materi PPKn tidak hanya memuat tentang pengetahuan dasar tentang konstitusi dan sistem pemerintahan. 

Lebih dari itu, terdapat juga materi terkait landasan filosofis dan praktis untuk memahami dinamika sosial, politik, dan kemanusiaan dalam konteks Indonesia yang selalu berubah.

Dengan berbagai tantangan dan perubahan zaman, penting untuk memahami bagaimana nilai-nilai Pancasila menjadi pilar utama dalam memandu kita melalui kompleksitas perjalanan kita sebagai bangsa yang berdaulat.

Materi Pelajaran PPKn Kelas 11 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

Materi di bawah ini berdasarkan Katalog Buku Paket Mata Pelajaran PPKn kelas XI yang diterbitkan oleh KemendikbudRistek melalui Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan.

Nah, apa saja yang dipelajari? Berikut rangkuman materi PPKn kelas 11 Kurikulum Merdeka di semester 1 dan 2:

Bab 1: Menjiwai Pancasila 

Bab pertama membahas tentang pengenalan dan pemahaman mendalam terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa. 

Siswa akan diajari untuk memahami makna dan urgensi dari lima sila Pancasila serta bagaimana implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. 

Tujuannya adalah agar setiap warga negara dapat menjadikan Pancasila sebagai pedoman dalam berperilaku, bertindak, dan bergaul dalam masyarakat.

Berikut subpembahasan dalam setiap bab pertama:

  • Keterkaitan Antarsila Pancasila 
  • Makna Sila-Sila dalam Pancasila 
  • Pancasila dalam Tindakan
  • Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Bab 2: Demokrasi Berdasarkan UUD NRI Tahun 1945

Pada bab ini, siswa akan diajari untuk memahami konsep dasar demokrasi yang diatur oleh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 

Mereka akan mempelajari struktur dan mekanisme pemerintahan demokratis, hak dan kewajiban warga negara, serta proses pembuatan keputusan dalam sistem demokrasi Indonesia. 

Melalui pemahaman ini, siswa diharapkan dapat menjadi warga negara yang aktif dan partisipatif dalam pembangunan demokrasi di Indonesia.

Berikut sub pembahasan dalam bab kedua:

  • Periodisasi Pemberlakuan UUD di Indonesia 
  • Perubahan UUD NRI Tahun 1945 
  • Perilaku Demokratis Berdasarkan UUD NRI Tahun 1945 pada Era Keterbukaan Informasi 

Bab 3: Harmoni dalam Keberagaman 

Bab ini membahas tentang keberagaman budaya, agama, suku, dan bahasa di Indonesia serta pentingnya menjaga harmoni dan toleransi antar kelompok dalam masyarakat. 

Siswa akan belajar menghargai perbedaan, mengenal prinsip-prinsip toleransi, dan memahami pentingnya kerjasama antar beragam komunitas dalam menciptakan kedamaian dan kemajuan bersama.

Berikut sub pembahasan dalam bab ketiga:

  • Konsep Harmoni dalam Keberagaman
  • Identiikasi Potensi Konflik dalam Masyarakat yang Beragam 
  • Strategi Mengatasi Konflik dalam Masyarakat Beragam  
  • Peran Serta Warga Negara dan Gagasan Solutif dalam
  • Penyelesaian Konflik 

Bab 4: Menjaga Keutuhan NKRI

Bab terakhir ini mengupas tentang pentingnya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk komitmen bersama dalam mempertahankan kedaulatan, integritas, dan kesatuan bangsa. 

Siswa akan diajari untuk memahami sejarah perjuangan bangsa dalam menjaga keutuhan NKRI, mengenali potensi ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa, serta berperan aktif dalam menjaga dan memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Berikut sub pembahasan dalam bab keempat:

  • Pentingnya Menjaga Keutuhan NKRI
  • Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan terhadap Ideologi Pancasila dan NKRI 
  • Peran Serta Warga Negara dalam Menjaga Keutuhan Ideologi Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)  
  • Bentuk Negara, Bentuk Pemerintahan, dan Sistem Pemerintahan 
  • Sikap Warga Negara terhadap Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Republik Indonesia 

Baca Juga:

Semoga rangkuman Materi PPKn Kelas 11 Kurikulum Merdeka ini dapat membantu dalam memahami poin-poin penting perbabnya. Terima kasih
Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."