Blogger Jateng

Contoh Gambar Aliran River of Life P5 (Sungai Kehidupan) Kurikulum Merdeka Beserta Penjelasannya!

Nyero.ID - Sungai Kehidupan P5 (River of Life P5) merupakan bagian dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang terintegrasi dalam Kurikulum Merdeka. 

Meskipun disebut sebagai tugas, namun sebenarnya River of Life (Sungai Kehidupan) lebih tepat dianggap sebagai latihan untuk merangsang kreativitas siswa. Alasannya sederhana, dalam kegiatan ini siswa diminta untuk menggambarkan kehidupan mereka sendiri.

Berbeda dengan tugas-tugas lain seperti matematika atau mata pelajaran lainnya, tidak ada kriteria atau pedoman yang digunakan untuk menilai River of Life. 

Secara mendasar, tujuan dari tugas ini bukanlah untuk diberi penilaian, melainkan untuk membantu guru memahami karakter dan pola pikir siswa.

Tugas ini juga dapat membantu guru dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh siswa. Dengan pemahaman ini, guru dapat memberikan arahan dan motivasi kepada siswa untuk mencapai tingkat kehidupan yang lebih baik.

River of Life P5 (Sungai Kehidupan) Kurikulum Merdeka

Apa Itu Sungai Kehidupan P5?

River of Life P5 adalah sebuah pendekatan visual yang digunakan untuk merencanakan masa depan seseorang. 

Konsep ini awalnya diperkenalkan oleh Dr. Thomas Leonard, seorang psikolog Amerika, pada tahun 1990-an. 

Seiring waktu, konsep ini ditingkatkan oleh Stephen Covey dalam bukunya yang berjudul The Seven Habits of Highly Effective People.

Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), siswa menggunakan metode ini untuk memaparkan perjalanan hidup mereka dari masa lahir hingga saat ini.

Kemudian mereka diminta untuk memproyeksikan gambaran kehidupan mereka dalam 5 atau 10 tahun ke depan. Setiap uraian harus didukung dengan ilustrasi atau gambar.

Meskipun menurut laman Steps Centre, metode ini mungkin tidak selalu berhasil dalam membantu siswa merencanakan masa depan mereka, namun setidaknya hal ini mendorong siswa untuk berbagi pengalaman hidup mereka dengan orang lain. 

Berbagi pengalaman ini dapat menjadi cara yang efektif untuk melatih empati dan mempererat hubungan pertemanan.

Selain itu, berbagi pengalaman juga memberikan kesempatan bagi guru untuk lebih memahami siswa secara pribadi, yang pada gilirannya memungkinkan mereka untuk memberikan bimbingan yang lebih baik di masa mendatang. 

Melalui diskusi tentang River of Life, siswa juga dapat belajar dari pengalaman satu sama lain, menginspirasi dan memberi dukungan di sepanjang perjalanan mereka.

Apa Manfaat Gambar Sungai Kehidupan P5?

Dengan menggambarkan river of life, seseorang secara sadar telah membuat peta singkat tentang kehidupannya. 

Dari pemetaan tersebut, individu dapat menyadari posisinya saat ini, pencapaian yang telah dicapai, masalah yang dihadapi, dan solusi yang tepat untuk mengatasi tantangan tersebut.

River of life ini kemudian menjadi dasar untuk membuat dream plan atau rencana masa depan. Metode ini bermanfaat dalam beberapa hal, seperti:

River of life memungkinkan seseorang untuk mengenali diri mereka sendiri secara lebih dalam, menyoroti aspek-aspek penting dari kehidupan mereka.

Melalui river of life, individu dapat merefleksikan perjalanan hidup mereka, memahami titik-titik penting dan pelajaran yang didapat dari pengalaman tersebut.

River of life membantu dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan pribadi, memberikan wawasan yang berharga untuk pengembangan diri.

Dengan merinci masalah yang dihadapi dalam river of life, individu dapat secara sistematis mencari solusi yang tepat untuk mengatasi tantangan tersebut.

Pemetaan river of life memberikan landasan yang kuat untuk merencanakan langkah-langkah masa depan yang lebih baik, dengan mempertimbangkan pengalaman dan pelajaran dari masa lalu.

Cara Membuat Gambar River of Life P5 Kurikulum Merdeka

Untuk menggambar sungai Kehidupan P5, siswa dapat menggambar secara manual, menggunakan aplikasi dekstop/android maupun memanfaatkan website online seperti canva yang menyediakan beragam template. Berikut adalah cara untuk menggambar River of Life P5 secara manual:

Pertama, siapkan kertas gambar yang cukup besar serta pulpen, spidol, cat warna, dan alat lain yang diperlukan untuk mendukung kegiatan menggambarmu.

Kedua, mulailah menggambar perjalanan kehidupanmu seperti aliran sungai yang terus mengalir.

Dalam sungai ini, kamu bisa menggambarkan dirimu sebagai berbagai objek, seperti daun, kapal, ikan paus, cumi-cumi, kepiting, atau lumba-lumba. Pilihlah objek yang dapat mengalir atau mengarungi sungai dengan lancar.

Kemudian, bagi sungai menjadi tiga fase yang harus kamu lalui: masa lalu, masa sekarang, dan masa depan. Jelaskan dengan rinci setiap fase tersebut, baik melalui narasi maupun ilustrasi yang kamu buat.

Saat menggambarkan River of Life, jangan lupakan untuk memasukkan elemen-elemen penting dalam kehidupanmu seperti keluarga, teman, pendidikan, dan orang-orang terdekat lainnya. Selain itu, deskripsikan juga masalah terberat yang pernah atau sedang kamu hadapi.

Jika kamu telah menyelesaikan masalah tersebut, jangan lupa untuk menjelaskan solusi yang telah kamu gunakan untuk mengatasinya.

Rincikan pula tentang hobi, prestasi, dan rencana-rencanamu untuk masa depan. Semua ini akan memberikan gambaran yang komprehensif tentang perjalanan hidupmu melalui River of Life.

Berikut beberapa contoh gambar manual Sungai Kehidupan P5 yang bisa diamati, ditiru lalu dimodifikasi sesuai dengan jenjang pendidikan peserta didik:

Contoh Sungai Kehiduoan p5 simple

Contoh River of Life p5 SD

Contoh sungai Kehidupan p5 Mudah

Contoh Sungai Kehidupan SMP

Contoh River of Life P5 Cantik

Untuk membuat sungai kehidupan menggunkan teknologi, seperti aplikasi dekstop maupun android lumayan sulit untuk dilakukan, dibutuhkan keterampilan dan ketelatenan dalam menggunakan aplikasi terkait. 

Oleh karena itu kami menyarankan untuk menggunakan website online seperti Canva.com yang menyediakan beragam template siap pakai. 

Caranya lumayan sederhana, masuklah ke dalam website Canva.com, masukkan kata "river of life" di pencarian, pilih template, lalu edit sesuai kebutuhan. 

Berikut beberapa contoh template sungai kehidupan dalam website canva yang bisa kamu langsung gunakan. 

Contoh Gambar Aliran River of Life P5 Kurikulum Merdeka


Contoh Gambar Aliran River of Life P5

Contoh Ilustrasi Sungai Kehidupan dalam Kehidupan Nyata

Seseorang yang bernama Maya memulai River of Life-nya dengan menggambarkan dirinya sebagai sebatang pohon kecil di tepi sungai. 

Pada masa lalu, Maya menggambarkan fase kecilnya sebagai sebatang pohon yang tumbuh dari tanah subur, diwakili oleh gambar keluarganya yang memberinya akar yang kuat.

Kemudian, pada masa sekarang, Maya menggambarkan dirinya sebagai perahu yang melaju di sungai, menandakan tahap saat ini dalam hidupnya yang penuh dengan peluang dan tantangan. 

Di sepanjang sungai, ia menggambarkan berbagai peristiwa dalam hidupnya seperti pendidikan, persahabatan, dan pencapaian yang telah ia raih.

Selanjutnya, Maya memperlihatkan impian dan harapannya untuk masa depan dengan menggambarkan dirinya sebagai burung yang terbang tinggi di atas sungai. 

Dia menunjukkan rencana dan aspirasinya, seperti mengejar karir yang diinginkannya, menjelajahi dunia, dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Dalam ilustrasi ini, Maya mencerminkan perjalanan hidupnya dengan cara yang visual dan deskriptif, memberikan gambaran yang komprehensif tentang pengalaman, pencapaian, dan impian dalam River of Life-nya.

Kelebihan dan Kekurangan Sungai Kehidupan P5 

Metode River of Life telah terbukti menjadi alat yang efektif dalam merenungkan perjalanan hidup seseorang secara visual, dari masa lalu hingga masa depan. 

Namun, seperti halnya dengan metode apapun, ada kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

Kelebihan:

  • River of Life menggunakan representasi visual yang kuat, memungkinkan siswa untuk secara lebih baik merenungkan perjalanan hidup mereka dengan melihat gambaran secara langsung.
  • Melalui proses menggambarkan perjalanan hidup mereka, siswa dapat lebih memahami dan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, serta tujuan mereka sendiri.
  • Metode ini membantu siswa untuk merencanakan masa depan mereka dengan lebih terarah, dengan mempertimbangkan pengalaman dan pelajaran dari masa lalu.
  • River of Life memfasilitasi proses refleksi yang mendalam, yang pada gilirannya memungkinkan siswa untuk berkembang dan tumbuh secara mandiri.

Kekurangan:

  • Interpretasi terhadap gambaran River of Life dapat bervariasi antara siswa, karena ini merupakan representasi subjektif dari pengalaman hidup masing-masing. 
  • Ada kemungkinan bahwa beberapa aspek penting dari kehidupan siswa mungkin tidak terwakili secara sempurna dalam gambaran River of Life, karena keterbatasan ruang atau penggambaran.
  • Siswa yang kurang mahir dalam menggambar atau menyusun ilustrasi mungkin menghadapi kesulitan dalam mengekspresikan pengalaman hidup mereka secara visual.
  • River of Life mungkin tidak memberikan konteks yang cukup untuk memahami dengan mendalam faktor-faktor luar yang memengaruhi perjalanan hidup siswa, seperti faktor budaya atau sosial.

Kesimpulan

River of Life merupakan alat visual yang efektif untuk merenungkan perjalanan hidup seseorang, dari masa lalu, kini, hingga masa depan. Dengan menggambarkan elemen-elemen penting seperti keluarga, pendidikan, dan impian, individu dapat memahami dan mengapresiasi perjalanan hidup mereka. 

Dengan proses ini, mereka dapat mengidentifikasi kekuatan, menghadapi tantangan, dan merencanakan langkah-langkah menuju masa depan yang lebih baik. 

Baca Juga:

Melalui pemahaman terhadap sungai kehidupan P5 ini, mereka memahami dirinya secara baik, memperoleh wawasan yang berharga untuk pertumbuhan pribadi dan pencapaian tujuan hidup di masa yang akan datang.

Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."