Selain Diri Sendiri, yang Termasuk dalam 4 Lensa Refleksi adalah…

Daftar Isi

Nyero.ID - Artikel di bawah ini akan menguraikan jawaban atas pertanyaan "Selain diri sendiri, yang termasuk dalam 4 lensa refleksi adalah…" yang terdapat dalam modul 1 materi "refleksi diri" di Platform Merdeka Mengajar.

Dalam proses panjang menjadi seorang pendidik yang sukses, refleksi menjadi kunci utama yang membuka pintu menuju pemahaman yang lebih mendalam tentang praktik mengajar dan dampaknya terhadap pembelajaran siswa. 

Namun, penting untuk diingat bahwa refleksi tidak selalu terbatas pada introspeksi diri saja.

Refleksi mengajar adalah proses yang kompleks, yang melampaui sekadar memeriksa praktik kita sendiri. 

Selain Diri Sendiri, yang Termasuk dalam 4 Lensa Refleksi adalah…

Salah satu kerangka kerja yang mendukung pendekatan ini adalah konsep "4 Lensa Refleksi".

Konsep "4 Refleksi" menyoroti empat sudut pandang yang berbeda yang dapat digunakan seorang guru untuk memperdalam pemahaman mereka tentang praktik mengajar mereka. 

Berikut adalah penjelasan singkat tentang masing-masing refleksi:

1. Refleksi Diri

Refleksi diri melibatkan introspeksi dan evaluasi diri sendiri oleh seorang guru terhadap praktik mengajar mereka. 

Guru memeriksa kekuatan dan kelemahan dalam pendekatan mereka, refleksi atas keputusan yang diambil, dan bagaimana hal itu memengaruhi pembelajaran siswa. 

Refleksi diri memungkinkan guru untuk menyadari pola-pola dalam perilaku mengajar mereka dan mengidentifikasi area untuk perbaikan.

2. Refleksi Peserta Didik 

Lensa ini mengarahkan perhatian guru pada pengalaman pembelajaran siswa. Guru memperhatikan respon siswa terhadap materi pelajaran, tingkat keterlibatan mereka dalam proses belajar, dan bagaimana mereka mengatasi tantangan atau hambatan yang mungkin mereka hadapi. 

Dengan memperhatikan refleksi peserta didik, seorang guru dapat menyesuaikan pendekatan pengajaran mereka untuk lebih efektif memenuhi kebutuhan dan gaya belajar siswa.

3. Refleksi Rekan Sejawat

Refleksi ini melibatkan kolaborasi dan berbagi dengan rekan kerja dalam komunitas pendidikan. 

Guru dapat berdiskusi dengan rekan sejawat tentang pengalaman mengajar mereka, berbagi ide dan praktik terbaik, serta memberikan dan menerima umpan balik yang konstruktif. 

Refleksi rekan sejawat memungkinkan guru untuk mendapatkan sudut pandang tambahan dan memperkaya praktik mereka melalui kolaborasi dan kerja sama.

4. Refleksi Literatur

Lensa ini mengacu pada penggunaan literatur, penelitian, dan teori pendidikan sebagai sumber untuk refleksi mengajar. 

Guru membaca dan mempertimbangkan pemikiran dan temuan dari para ahli dalam bidang pendidikan, serta tren dan penelitian terbaru. 

Dengan merujuk pada literatur teoritis, seorang guru dapat memperdalam pemahaman mereka tentang konsep-konsep pendidikan dan menerapkannya dalam praktik mengajar mereka.

Selengkapnya, terikait penjelasan 4 konsep ini telah kami uraikan secara rinci pada artikel: Sikap dasar dan lensa refleksi.

Soal Latihan Pemahaman

Selain diri sendiri, yang termasuk dalam 4 lensa refleksi adalah…

  • A. Peserta didik
  • B. Rekan sejawat
  • C. Literatur
  • D. Semua benar

Jawaban

Jawaban yang tepat dari soal "Selain diri sendiri, yang termasuk dalam 4 lensa refleksi adalah…"

D. Semua benar

Pembahasan

Pertanyaan ini menyentuh esensi dari 4 lensa refleksi dalam konteks pengembangan profesional seorang pendidik. 

Seringkali, dalam upaya untuk meningkatkan praktik mengajar, kita harus melihat melalui lensa yang berbeda-beda untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengalaman pembelajaran kita.

Jawabannya adalah D. Semua benar.

Masing-masing opsi yang disebutkan, yaitu peserta didik (opsi A), rekan sejawat (opsi B), dan literatur (opsi C), semuanya merupakan bagian penting dari kerangka kerja refleksi yang komprehensif. 

Baca Juga: 

Dalam praktiknya, seorang pendidik tidak hanya memeriksa dirinya sendiri, tetapi juga melibatkan interaksi dengan siswa, berkolaborasi dengan rekan sejawat, dan merujuk pada penelitian dan literatur akademis untuk memperdalam pemahaman mereka tentang pembelajaran dan pengajaran.

Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."