Blogger Jateng

Langkah Pertama yang Perlu Dilakukan dalam Menyusun Asesmen Adalah …

Nyero.ID - Di bawah ini adalah pembahasan soal dan jawaban pertanyaan Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam menyusun asesmen adalah … 

Dalam ranah pendidikan, proses asesmen memegang peranan yang sangat penting dalam mengevaluasi pemahaman dan pencapaian peserta didik. 

Sebelum melangkah dalam menyusun asesmen, langkah pertama yang diambil akan memberikan fondasi yang kuat untuk pengembangan evaluasi yang efektif dan bermakna. 

Melalui tahap awal ini, pendidik dapat merencanakan strategi yang tepat untuk mengukur kemajuan belajar siswa secara akurat dan objektif.

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam menyusun asesmen adalah

Soal

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam menyusun asesmen adalah …

  • A. Menentukan apa bukti-bukti yang dapat menunjukan pemahaman peserta didik
  • B. Menentukan indikator pencapaian kompetensi
  • C. Menentukan alat ukur yang tepat
  • D. Menentukan lembar asesmen yang akan digunakan

Jawaban

Jawaban yang tepat dari pertanyaan soal Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam menyusun asesmen adalah…

D. Menentukan lembar asesmen yang akan digunakan

Pembahasan

Dalam dunia pendidikan, asesmen merupakan instrumen kunci yang digunakan untuk mengukur pemahaman dan pencapaian peserta didik. 

Proses asesmen yang baik tidak hanya memerlukan kejelian dalam merancang pertanyaan, tetapi juga membutuhkan pemilihan lembar asesmen yang tepat. 

Langkah awal yang harus ditempuh dalam menyusun asesmen adalah menentukan jenis lembar asesmen yang akan digunakan.

Lembar asesmen adalah alat yang digunakan untuk mencatat dan mengevaluasi kinerja atau pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah diajarkan. 

Pemilihan lembar asesmen yang sesuai akan sangat memengaruhi validitas dan reliabilitas hasil asesmen yang diperoleh. 

Oleh karena itu, langkah ini menjadi fundamental dalam upaya meningkatkan kualitas proses pengukuran dalam dunia pendidikan.

Pentingnya Pemilihan Lembar Asesmen yang Tepat

Setiap jenis asesmen memiliki karakteristik yang berbeda, dan pemilihan lembar asesmen harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran serta kemampuan peserta didik. 

Misalnya, jika tujuan pembelajaran adalah mengukur pemahaman konsep secara mendalam, maka lembar asesmen berbentuk esai atau pertanyaan terbuka mungkin lebih sesuai. 

Di sisi lain, jika tujuan adalah mengukur pemahaman konsep secara cepat dan luas, maka lembar asesmen berbentuk pilihan ganda dapat menjadi pilihan yang lebih efektif.

Selain itu, karakteristik peserta didik juga perlu dipertimbangkan dalam pemilihan lembar asesmen. Misalnya, jika siswa memiliki kesulitan dalam mengekspresikan pemikiran secara tertulis, maka menggunakan lembar asesmen berbentuk lisan atau praktikum mungkin lebih sesuai. 

Dengan mempertimbangkan karakteristik ini, proses asesmen dapat menjadi lebih inklusif dan memberikan kesempatan yang adil bagi semua peserta didik untuk menunjukkan kemampuan mereka.

Mengenal Jenis-Jenis Lembar Asesmen

Ada berbagai jenis lembar asesmen yang dapat dipilih, tergantung pada jenis dan tingkat pemahaman yang ingin diukur. Beberapa jenis lembar asesmen yang umum digunakan antara lain:

Lembar Asesmen Berbentuk Esai

Lembar asesmen ini memungkinkan siswa untuk mengekspresikan pemikiran mereka secara tertulis dalam bentuk yang lebih bebas. Esai dapat digunakan untuk mengukur pemahaman konsep secara mendalam dan kemampuan analisis siswa.

Lembar Asesmen Berbentuk Pilihan Ganda

Jenis lembar asesmen ini biasanya digunakan untuk mengukur pemahaman konsep secara luas dan dalam jumlah besar. Pilihan ganda memungkinkan penilaian yang cepat dan objektif terhadap pengetahuan siswa.

Lembar Asesmen Berbentuk Pertanyaan Terbuka

Lembar asesmen ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk merespons pertanyaan dengan jawaban yang lebih beragam dan kreatif. Pertanyaan terbuka mendorong siswa untuk berpikir secara lebih luas dan mendalam tentang materi pelajaran.

Lembar Asesmen Berbentuk Portofolio

Portofolio merupakan kumpulan karya atau proyek yang mencerminkan kemajuan belajar siswa selama periode waktu tertentu. Lembar asesmen berbentuk portofolio memungkinkan siswa untuk memperlihatkan berbagai jenis keterampilan dan pemahaman mereka melalui produk-produk yang mereka hasilkan.

Kesimpulan

Dalam merancang asesmen yang efektif, langkah awal yang perlu ditempuh adalah menentukan lembar asesmen yang akan digunakan. Pemilihan lembar asesmen yang tepat akan memberikan dasar yang kuat bagi evaluasi yang akurat dan bermakna terhadap kemajuan belajar peserta didik. 

  1. Perubahan Apa yang Ibu/bapak Rasa akan Paling Signifikan di Kelas dengan Implementasi Kurikulum Merdeka?
  2. Asesmen Sebagai Proses Belajar Bertujuan Untuk...
  3. Asesmen yang Dilakukan pada Awal Pembelajaran untuk Mengetahui Kapasitas Murid di Kelas adalah...

Dengan memahami karakteristik peserta didik, tujuan pembelajaran, dan jenis-jenis lembar asesmen yang tersedia, pendidik dapat menciptakan proses asesmen yang mendukung perkembangan optimal siswa dalam mencapai kompetensi yang diinginkan.

Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."