Kunci Jawaban Soal Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik

Daftar Isi

Nyero.ID - Artikel dibawah ini terkait dengan kunci jawaban atas soal "Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik..." yang terdapat pada Post Test modul 2 materi Merancang Pembelajaran SD Paket A dalam Platform Merdeka Mengajar. 

Sebagai seorang guru, salah satu tanggung jawab utama adalah menilai pemahaman dan kemajuan siswa dalam pembelajaran. Merancang asesmen yang efektif bukan hanya merupakan langkah penting dalam proses pengajaran, tetapi juga merupakan kunci untuk memastikan bahwa tujuan pembelajaran tercapai dengan baik. 

Dengan merancang asesmen yang sesuai, seorang guru dapat memperoleh pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan dan kemampuan individu siswa, serta memberikan umpan balik yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan mereka dalam memahami materi pelajaran.

Asesmen tidak hanya digunakan untuk menilai kemampuan akademis siswa, tetapi juga untuk memperoleh wawasan tentang bagaimana siswa belajar, mengidentifikasi kebutuhan mereka, dan menyesuaikan pendekatan pengajaran sesuai dengan gaya belajar mereka. 

Kunci Jawaban Soal Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik

Oleh karena itu, merancang asesmen yang beragam dan relevan dengan konten pembelajaran serta kebutuhan siswa sangatlah penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan bermakna.

Soal

Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan yang akan ditampilkan. 

Untuk proses penilaiannya, Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus memutuskan akan menggunakan 3 aspek utama yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik yang digunakan. 

Yang tidak termasuk kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menunjukkan harmonisasi dalam bermusik adalah ...

  • A. 3 alat musik atau lebih digunakan sekaligus 
  • B. Musik dan vokal terdengar harmonis
  • C. Suara musik tidak mendominasi
  • D. Artikulasi dan nada tepat

Jawaban

Jawaban yang tepat dari pertanyaan "Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik" adalah 

A. 3 alat musik atau lebih digunakan sekaligus

Pembahasan

Dalam proses pendidikan, baik itu di tingkat sekolah maupun di institusi pendidikan lainnya, terdapat berbagai alur dan metode yang berbeda untuk merancang tujuan pembelajaran dan modul ajar.

Dalam upaya mengukur pencapaian tujuan pembelajaran, pendidik atau guru sering menggunakan kriteria yang beragam, baik kualitatif maupun kuantitatif, sesuai dengan karakteristik dari setiap aspek pembelajaran.

Pada dasarnya, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran diturunkan dari indikator-aspek pembelajaran yang diukur melalui asesmen. Asesmen tersebut merupakan cerminan dari sejauh mana siswa telah berhasil mencapai kompetensi yang ditetapkan dalam tujuan pembelajaran.

Dalam soal yang diberikan, pertanyaannya adalah mengenai kriteria yang tidak termasuk dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang menunjukkan harmonisasi dalam bermusik. Artinya, kita harus mencari opsi yang bukan merupakan bagian dari kriteria untuk mencapai harmonisasi dalam konteks bermusik.

Jadi, opsi yang benar adalah A. "3 alat musik atau lebih digunakan sekaligus." Kriteria ini bukan merupakan indikator yang menggambarkan harmonisasi dalam bermusik. Meskipun menggunakan beberapa alat musik sekaligus dapat menambah kedalaman dan kompleksitas suara, hal tersebut tidak secara langsung berkaitan dengan harmonisasi. 

Baca Juga:

  1. Capaian Pembelajaran Berisi Kompetensi Inti dan Konten Esensial yang Harus Dicapai dalam Satu Fase
  2. Bagaimana Pelaksanaan Prinsip Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran yang Kontekstual?
  3. Langkah Pertama yang Perlu Dilakukan dalam Menyusun Asesmen Adalah …

Harmonisasi dalam bermusik lebih berkaitan dengan keselarasan dan kecocokan antara melodi, ritme, dan nada yang dihasilkan oleh alat musik yang berbeda.

Jadi, dengan menghilangkan opsi A, kita menemukan bahwa jawaban yang tepat adalah B, C, dan D. Mereka lebih berkaitan dengan aspek-aspek yang lebih langsung terkait dengan pencapaian harmonisasi dalam bermusik.

Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."