Blogger Jateng

Yuk Kenali Macam-Macam Gaya Belajarmu dengan Tes Sederhana Ini!

Nyero.ID - Dalam dunia pendidikan, setiap individu memiliki cara unik dalam memahami dan menyerap informasi. Konsep tentang gaya belajar telah menjadi fokus penting dalam upaya untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. 

Dengan mengakui bahwa setiap siswa memiliki preferensi belajar yang berbeda, pendidik dapat menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan mendukung, yang memungkinkan setiap siswa untuk mencapai potensi maksimalnya.

Setiap orang memiliki cara unik dalam memproses informasi, mengasimilasi konsep, dan memahami materi pelajaran. 

Yuk Kenali Macam-Macam Gaya BelajarMu dengan Tes Sederhana Ini!

Beberapa siswa mungkin lebih responsif terhadap pendekatan belajar yang melibatkan interaksi langsung, sementara yang lain lebih suka belajar melalui gambar atau melalui pengalaman praktis. 

Mengakui perbedaan-perbedaan ini merupakan langkah pertama dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang beragam dan relevan bagi setiap siswa.

Pentingnya Mengenali Gaya Belajar

Mengenali gaya belajar setiap siswa memiliki beberapa manfaat yang signifikan dalam konteks pendidikan. Salah satu manfaat utamanya adalah dapat meningkatkan efektivitas pengajaran dan pembelajaran.

Dengan memahami gaya belajar masing-masing siswa, pendidik dapat menyusun strategi pembelajaran yang lebih sesuai dan relevan, sehingga memungkinkan siswa untuk menyerap dan memahami materi dengan lebih baik.

Selain itu, mengenali gaya belajar juga dapat membantu meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. 

Ketika siswa merasa bahwa pendekatan pembelajaran sesuai dengan gaya belajar mereka, mereka cenderung lebih termotivasi dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. 

Hal ini dapat membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis dan mendukung, di mana setiap siswa merasa dihargai dan didukung dalam mengeksplorasi potensi akademisnya.

Selain itu, mengenali gaya belajar juga memungkinkan pendidik untuk menyesuaikan metode pengajaran dan penilaian agar sesuai dengan kebutuhan siswa. 

Dengan memberikan berbagai macam pendekatan pembelajaran, pendidik dapat memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berhasil dan berkembang sesuai dengan potensi masing-masing. 

Hal ini membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan menyeluruh, di mana setiap siswa merasa didukung dalam perjalanan mereka menuju kesuksesan akademis.

Macam-macam Gaya Belajar

Dalam pembelajaran, kita harus menyadari bahwa setiap individu memiliki cara yang berbeda dalam memahami dan mengingat informasi. 

Gaya belajar menjadi faktor utama yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran seseorang. Berikut beberapa macam-macam gaya belajar beserta ciri-cirinya: 

a. Gaya Belajar Visual 

Gaya belajar visual adalah ketika seseorang lebih cenderung memahami dan menyerap informasi dengan baik melalui gambar, grafik, dan elemen visual lainnya. 

Seseorang dengan gaya belajar visual memiliki kecenderungan untuk lebih baik memproses informasi saat itu dapat dilihat secara langsung. 

Penggunaan papan tulis, presentasi visual, dan materi pembelajaran yang disajikan secara visual berkontribusi besar terhadap pemahaman dan retensi informasi.

Ciri-Cirinya: 

  • Mereka yang memiliki gaya belajar visual cenderung berbicara dengan cepat, mencerminkan kemampuan mereka dalam memproses informasi secara cepat dan visual. 
  • Mereka lebih memperhatikan penampilan dalam berkomunikasi, menunjukkan preferensi pada aspek visual dalam presentasi informasi. 
  • Siswa dengan gaya belajar visual cenderung tidak mudah terganggu oleh kebisingan dan lebih memilih membaca untuk pemahaman yang lebih baik.

Gaya Belajar Auditori 

Gaya belajar auditori, dikenal juga sebagai gaya belajar pendengar, menekankan pendengaran sebagai alat utama dalam memahami dan menyerap informasi. 

Individu dengan gaya belajar auditori cenderung lebih sukses dalam belajar melalui penjelasan verbal dan diskusi, dengan kemampuan mendengarkan dengan cermat dan memahami makna komunikasi lisan.

Ciri-Cirinya: 

  • Mereka cenderung sensitif terhadap kebisingan yang mengganggu, memerlukan lingkungan yang tenang untuk fokus pada informasi verbal. 
  • Siswa dengan gaya belajar auditori lebih memilih mendengarkan daripada melihat, dengan kemampuan untuk dengan cepat menyerap informasi verbal.
  • Proses membaca lebih efektif saat diiringi dengan membaca suara keras, membantu mereka untuk memahami informasi dengan lebih baik.

Gaya Belajar Kinestetik 

Gaya belajar kinestetik melibatkan penggunaan gerakan fisik dan pengalaman langsung dalam pembelajaran. 

Individu dengan gaya belajar kinestetik cenderung belajar lebih baik melalui praktek langsung, eksperimen, dan kegiatan fisik lainnya.

Ciri-Cirinya: 

  • Siswa dengan gaya belajar kinestetik merespon lebih baik terhadap pembelajaran yang melibatkan gerakan fisik.
  • Mereka memiliki kemampuan yang lebih baik untuk mengingat informasi ketika terlibat dalam kegiatan fisik yang terkait dengan pembelajaran.
  • Mereka lebih suka belajar melalui pengalaman langsung, seperti eksperimen atau simulasi, daripada hanya mendengarkan atau melihat.

Dengan memahami macam-macam gaya belajar dan ciri-cirinya, pendidik dapat merancang pengalaman pembelajaran yang lebih inklusif dan relevan bagi setiap siswa, meningkatkan efektivitas pembelajaran secara keseluruhan.

Contoh Tes Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik

Kisi-Kisi Tes Gaya Belajar

Tujuan

Deskripsi

Bentuk Tes

Mengetahui

gaya belajar 

Gaya belajar dan ciri siswa pemiliki gaya belajar tersebut : 

1.  Gaya Belajar Visual

Adalah gaya belajar yang lebih menonjolkan siswa dalam bidang visual. Dimana anak lebih paham dengan apa yang mereka lihat baik membaca atau melihat gambar maupun video. Ciri-ciri anak dengan gaya belajar visual yaitu cenderung rapi pada peampilan, berbicara dengan cepat, sering membuat coretan-coretan, teliti, tidak mudah terganggu oleh suara keributan ketika sedang belajar, dan lebih suka membaca daripada dibacakan. Karena mungkin dengan membaca sendiri akan lebih greget 

2.  Gaya Belajar Auditoris

Adalah gaya belajar  yang lebih menonjolkan fungsi pendengaran siswa daripada visual. Mereka lebih paham jika sudah mendengar entah itu mendengar ceramah guru ataupun mendengar hasil rekaman pribadi. Cirri anak dengan gaya belajar auditoris yaitu terkeasan independen dan unggul dalam kecerdasan interpersonal, jika bercanda mereka lebih senang bercanda langsung daripada harus membaca komik lucu. 

3.  Gaya Belajar Kinetis

Adalah gaya belajar yang memanfatkan gerak tubuh. Siswa denga tipe ini sangat tidak beruntung jika besar dalam lingkungan yang tidak dapat memahami mereka. Siswa kinetis tidak akan menangkap informasi secara total jika harus dipaksa untuk duduk diam tanpa melakukan apapun, mereka cenderung menggerakkan ataupun memainkan apapun yang ada di dekatnya, bicara lebih lamban dari gaya yang lain, dan sering ekspresif dan penuh gerak jika berbicara atau berinteraksi


Kuesioner

Contoh Tes Pilihan Ganda Gaya Belajar

1. Ketika berbicara, kecenderungan gaya bicara saya adalah... 
  • a) Cepat 
  • b) Berirama 
  • c) Lambat 
2. Saya... 
  • a) Mampu merencanakan dan mengatur kegiatan jangka panjang dengan baik  
  • b) Mampu mengulang dan menirukan nada, perubahan, dan warna suara 
  • c) Mahir dalam mengerjakan puzzle, teka-teki, menyusun potongan-potongan gambar 
3. Saya dapat mengingat dengan baik informasi yang... 
  • a) Tertulis di papan tulis atau yang diberikan melalui tugas membaca 
  • b) Disampaikan melalui penjelasan guru, diskusi, atau rekaman 
  • c) Diberikan dengan cara menuliskannya berkali-kali 
4. Saya menghafal sesuatu... 
  • a) Dengan membayangkannya 
  • b) Dengan mengucapkannya dengan suara yang keras 
  • c) Sambil berjalan dan melihat-lihat keadaan sekeliling 
5. Saya merasa sulit... 
  • a) Mengingat perintah lisan kecuali jika dituliskan 
  • b) Menulis tetapi pandai bercerita 
  • c) Duduk tenang untuk waktu yang lama 
6. Saya lebih suka... 
  • a) Membaca daripada dibacakan 
  • b) Mendengar daripada membaca 
  • c) Menggunakan model dan praktek atau praktikum 
7. Saya suka... 
  • a) Mencoret-coret selama menelepon, mendengarkan musik, atau menghadiri rapat 
  • b) Membaca keras-keras dan mendengarkan musik/pembicaraan 
  • c) Mengetuk-ngetuk pena, jari, atau kaki saat mendengarkan musik/pembicaraan 
8. Saya lebih suka melakukan... 
  • a) Demonstrasi daripada berpidato 
  • b) Diskusi dan berbicara panjang lebar 
  • c) Berolahraga dan kegiatan fisik lainnya
9. Saya lebih menyukai... 
  • a) Seni rupa daripada musik 
  • b) Musik daripada seni rupa 
  • c) Olahraga dan kegiatan fisik lainnya 
10. Ketika mengerjakan sesuatu, saya selalu... 
  • a) Mengikuti petunjuk dan gambar yang disediakan 
  • b) Membicarakan dengan orang lain atau berbicara sendiri keras-keras 
  • c) Mencari tahu cara kerjanya sambil mengerjakannya 
11. Konsentrasi saya terganggu oleh... 
  • a) Ketidakteraturan atau gerakan 
  • b) suara atau keributan 
  • c) Kegiatan di sekeliling 
12. Saya lebih mudah belajar melalui kegiatan... 
  • a) Membaca 
  • b) Mendengarkan dan berdiskusi 
  • c) Praktek atau praktikum 
13. Saya berbicara dengan... 
  • a) Singkat dan tidak senang mendengarkan pembicaraan panjang 
  • b) Cepat dan senang mendengarkan 
  • c) Menggunakan isyarat tubuh dan gerakan-gerakan ekspresif 
14. Untuk mengetahui suasana hati seseorang, saya … 
  • a) Melihat ekspresi wajahnya
  • b) Mendengarkan nada suara 
  • c) Memperhatikan gerakan badannya 
15. Untuk mengisi waktu luang, saya lebih suka … 
  • a) Menonton televisi atau menyaksikan pertunjukan 
  • b) Mendengarkan radio, musik, atau membaca 
  • c) Melakukan permainan atau bekerja dengan menggunakan tangan 
16. Ketika mengajarkan sesuatu kepada orang lain, saya lebih suka … 
  • a) Menunjukkannya 
  • b) Menceritakannya 
  • c) Mendemonstrasikannya dan meminta mereka untuk mencobanya 

Lembar Analisis dan Rekomendasi 

Apabila jawaban yang paling banyak adalah A : 

  • Siswa dengan kecenderungan gaya belajar visual  
  • Siswa akan mencapai prestasi belajar yang optimal apabila memanfaatkan kemampuan visual.
  • Siswa dapat membuat sendiri peta konsep atau ringkasan materi pelajaran. 

Apabila jawaban yang paling banyak adalah B: 

  • Siswa memiliki kecenderungan gaya belajar auditori.
  • Siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar auditori akan mencapai prestasi belajar yang optimal apabila mempelajari materi pelajaran dari mendengarkan baik melalui penjelasan langsung dari guru, diskusi dengan guru dan teman siswa, maupun melalui rekaman materi yang sedang dipelajari. 

Apabila jawaban yang paling banyak adalah C:  

  • Siswa memiliki kecenderungan gaya belajar kinestetik. 
  • Siswa dengan gaya belajar kinestetik akan mencapai prestasi belajar secara optimal apabila terlibat langsung secara fisik dalam kegiatan belajar.  Siswa dapat mengutak-atik atau memanipulasi materi pelajaran atau media yang digunakan dalam menjelaskan materi pelajaran. 

Apabila jawaban A dan B sama banyak: 

  • Siswa memiliki gabungan gaya belajar visual dan auditori. 
  • Ada hal tertentu bagi siswa akan belajar efektif jika menggunakan gaya belajar visual, dan ada hal lain bagi siswa akan belajar efektif jika menggunakan gaya belajar auditori. Bahkan, kadang jika kedua gaya belajar digunakan, akan lebih optimal. 

Apabila jawaban A dan C sama banyak:

  • Siswa memiliki gabungan gaya belajar visual dan kinestetik. 
  • Ada hal tertentu bagi Siswa akan belajar efektif jika menggunakan gaya belajar visual, dan ada hal lain bagi Siswa akan belajar efektif jika menggunakan gaya belajar kinestetik. Bahkan, kadang jika kedua gaya belajar digunakan, akan lebih optimal. 

Apabila jawaban B dan C sama banyak

  • Siswa memiliki gabungan gaya belajar auditori dan kinestetik. 
  • Ada hal tertentu bagi Siswa akan belajar efektif jika menggunakan gaya belajar auditori, dan ada hal lain bagi Siswa akan belajar efektif jika menggunakan gaya belajar kinestetik. Bahkan, kadang jika kedua gaya belajar digunakan, akan lebih optimal. 


Muh. Akbar
Muh. Akbar "Live with an attitude of gratitude for the experiences that shape you, and learn with an insatiable hunger for understanding the world and your place in it."